Pembekalan Fasilitasi Pelayanan KB Medis, Operasi Dan Kontrasepsi Di Kodim 0814 Jombang

Jombang. Sejatinya Program Keluarga Berencana merupakan upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan. Selain itu juga mengatur kehamilan melalui promosi perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi dengan tujuan mewujudkan keluarga yang berkualitas. Hal tersebut dikatakan Nur Kamalia selaku Kepala Dinas PPKB Dan PPPA Kabupaten Jombang dalam acara Pembekalan Fasilitas Pelayanan KB Medis, Operasi Dan Kontrasepsi Lainnya di Aula Kodim 0814 Jombang. Rabu (27 Maret 2019).

Sesuai dengan data yang ada PUS (pasangan usia subur) 242.056 akseptor aktif 191. 764 (79,22 %). Adapun target akseptor baru tahun 2019 sejumlah 27.030 dan saat ini sudah dicapai 16,27%. Agar hal tersebut bisa dicapai, Dinas PPKB Dan PPPA telah mempersiapkan sarana pelayanan yang sesuai standar serta komitmen dari semua pihak. Kemudian menindak lanjuti dengan mengadakan kegiatan dengan tujuan terjalin Kerjasama dalam pelayanan KB Medis, Operasi dan Kontrasepsi Lainnya dengan fasilitas kesehatan pratama dan fasilitas kesehatan lanjutan di Kabupaten Jombang.

Sementara itu Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengamini apa yang dilaporkan oleh kepala Dinas PPKB Dan PPPA berkaitan dengan stigma KB. Bahkan Bupati Mundjidah Wahab sempat bercerita bagaimana reaksi masyarakat dan tokoh agama menolak keras adanya pencanangan  program KB di tahun 1970an.

Banyak tokoh masyarakat yang mengharamkan program KB. Namun dengan perjuangan tanpa lelah, Bupati Jombang yang pada waktu itu menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Jombang melakukan musyawarah ulama atau  halaqoh. Dan hasilnya menjelaskan bahwa KB bukan membatasi kelahiran melainkan mengatur kelahiran hingga akhirnya MUI menerima dan menyatakan bahwa KB tidak haram hingga sekarang.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati berharap dengan sangat adanya partisipasi dan dukungan masyarakat terhadap program tersebut. “Kegiatan KB ini harus  dibantu partisipasi masyarakat, karena pemerintah, puskesmas dan RS tidak akan pernah bisa melaksanakan program ini tanpa partisipasi masyarakat.” pungkasnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Pembekalan Fasilitasi Pelayanan KB Medis, Operasi Dan Kontrasepsi Di Kodim 0814 Jombang