Wujudkan Lingkungan Sehat, Koramil 0815/18 Gondang Bangun 22 Unit Jamban

4
MOJOKERTO.  Upaya menciptakan lingkungan sehat, terus dilakukan Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815 Mojokerto melalui pembangunan jamban keluarga bagi masyarakat kurang mampu di wilayah binaan.
 
Kegiatan program jambanisasi di wilayah Koramil Gondang ditargetkan sebanyak 22 unit terbagi di Desa Kebuntunggul 14 unit, Desa Kalikatir 2 unit, Desa Ngembat 3 unit dan Desa Dilem 3 unit. 
 
Program tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat, yang pelaksanaannya dilakukan melalui Program Bakti TNI “Gema Sang Juara” yang dimulai sejak September lalu dan direncanakan dalam bulan Oktober ini tuntas.
 
Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Sumiarso mengatakan, program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan (BABS).
 
“Program Stop BABS dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment (edukasi dan entertainment) yakni dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban ”, terang Danramil saat meninjau pelaksanaan jambanisasi, Kamis (12/10) .
 
Seperti yang dilakukan Babinsa Kebuntunggul Koramil 0815/18 Gondang Serma Anang Triyanto  bersama dengan warga masyarakat, melaksanakan pembuatan jamban di rumah warga setempat. Kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septic tank milik warga yang belum memiliki jamban.
 
Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terima kasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut.  
 
Sebelumnya, sebagian warga setempat masih terbiasa BAB di sembarang tempat, sehingga lingkungan menjadi kurang sehat.  Dengan adanya jamban keluarga ini, diharapkan akan mengikis kebiasaan BAB di sembarang tempat tersebut sehingga akan tercipta lingkungan sehat.
 
“Saya sangat senang dan berterima kasih mendapat bantuan pembuatan jamban dari Koramil Gondang, sehingga kami tidak perlu lagi buang air besar di sungai,” kata Sulkan, warga setempat dengan mata berbinar.
 
Sementara itu, Kades Kebuntunggul Siandi, SH mengatakan, sesuai hasil pendataan bahwa masyarakat yang belum memiliki jamban keluarga di Desa Kebuntunggul tinggal beberapa unit saja.  Semoga tahun depan ada lagi program serupa di desa nya, harapnya. (Penrem 082/CPYJ )

Related For Wujudkan Lingkungan Sehat, Koramil 0815/18 Gondang Bangun 22 Unit Jamban