WUJUDKAN KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT KODIM 0813 GELAR KATPUAN KOMSOS

2

Bojonegoro, menggelar program Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial (Katpuan Komsos) yang diikuti ratusan Babinsa jajaran Kodim 0813 di Aula Ahmad Yani, Makodim setempat, Selasa (06/03). Kegiatan yang bertemakan “Melalui Peningkatan Komsos Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat teritorial yang profesional dalam rangka pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di wilayah” bertujuan memberikan pemahaman tehnik berkomunikasi terhadap semua komponen bangsa, baik itu dengban Aparat Pemerintah, Komponen Masyarakat maupun Keluarga Besar TNI.

Dandim 0813 Letkol Arh Redinal Dewanto S.Sos yang membuka kegiatan ini menegaskan bahwa, Babinsa merupakan ujung tombak satuan dalam segala aspek kegiatan di wilayah, jadi kinerja Babinsa harus diupayakan dan ditingkatkan secara kontinyu.

Dandim melanjutkan, kegiatan peningkatan Komunikasi Sosial ini merupakan implementasi program kerja bidang Teritorial yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Komunikasi Sosial serta pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dalam melaksaanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Binter gunabmeningkatkan kualitas dan pruduktivitas kerja, sekaligus menjadi landasan dalam menetapkan tujuan bersama yang ingin dicapai, yaitu terwujudnya ruang, alat dan kondisi juang serta kemanunggalan TNI-Rakyat yang tangguh dalam rangka mendukung pertahanan negara.

“Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit satuan kowil dalam berkomunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa diharapkan para Babinsa sekalian memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi sosial dan memberikan pemahaman tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat. Komsos dapat digunakan sebagai sarana koordinasi, integrasi, Singkronisasi dan simplikasi dalam wilayah binaannya.

Sementara itu Pasi Teritorial Kodim 0813 Kapten Inf Samidi yang juga menjadi narasumber materi mengatakan, perubahan telah banyak terjadi pada umat manusia dan bervariasi dalam berbagai bentuk, metode, durasi dan dalam segala hal, khususnya yang berbeda dengan norma dan aturan yang ada dan bersifat negatif bahkan cenderung mengancam stabilitas kemananan.”Kita dapat melakukan perubahan dengan merubah terlebih dahulu mentalitas,”ujarnya.

Ia menjelaskan tujuh mentalitas baru yang harus dilakukan, yakni dari pasif menjadi aktif, dari pesimis jadi optimis, dari mengeluh jadi fokus pada solusi, dari malas malasan jadi giat bekerja, dari mudah menyerah jadi pantang menyerah,  dari orientasi pada hasil jadi orientasi pada proses, serta dari penonton menjadi pelaku.Penrem 082/CPYJ ).

Related For WUJUDKAN KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT KODIM 0813 GELAR KATPUAN KOMSOS