UPT Puskesmas Gayaman Gandeng Pos Ramil Mojoanyar Gelar Aksi PSN

1 (3)(2)

Mojokerto, – Danposramil Mojoanyar Kodim 0815 Mojokerto Letda Inf Akhmad Rifa’i hadir dan mengikuti kegiatan Gebyar Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Bersama Dinkes dan Muspika Mojoanyar, di Balai Desa Gayaman, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (08/02/2019).

 Pada kesempatan tersebut, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mojokerto dr. Langit Kresna Janitra, menyampaikan materi pencegahan DBD, diantaranya terkait siklus perkembangan nyamuk penyebab DBD antara bulan Januari – April, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, melaksanakan kegiatan 3 M Plus, yaitu Menutup, Menguras, Mengubur dan Mendaur ulang sampah, memakai lotion anti nyamuk dan kelambu, melakukan fogging secara berkala dan menyediakan Abate.

 Kegiatan berlanjut dengan pemeriksaan jentik nyamuk di PAUD Gayaman dan rumah warga oleh Kabid P2P Dinkes Kabupaten Mojokerto, Forpimka Mojoanyar, Kepala UPT Puskesmas Gayaman, Tiga Pilar Desa dan Kader Jumantik.

 Sementara Kepala UPT Puskesmas Gayaman, drg.Wilis Puspita Anggraini, MM., saat dikonfirmasi menuturkan, Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aides aigypty dan hingga saat ini belum ada obatnya.

 “Namun demikian, DBD ini pencegahannya paling mudah, yakni  dengan memberantas sarang nyamuk melalui kerja bakti seminggu sekali membersihkan lingkungan dan genangan-genangan air, tempat penampungan air yang disukai nyamuk untuk bertelur. Ayo lakukan PSN secara rutin untuk mencegah DBD,” tandasnya.

 Kepala UPT Puskesmas juga, berharap kegiatan Gebyar PSN ini mendapat dukungan penuh dari Tiga Pilar, baik di tingkat Kecamatan maupun tingkat desa.

 Usai kegiatan, Danposramil Mojoanyar Letda Inf Akhmad Rifa’i, mengatakan, kegiatan Gebyar PSN yang diselenggarakan UPT Puskesmas Gayaman Dinkes Kabupaten Mojokerto harus disambut positif karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya dalam mengantisipasi berjangkitnya penyakit demam berdarah.

 “Posramil Mojoanyar akan terus berpartisipasi dalam mendukung dan mensukseskan program kesehatan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, termasuk dalam pemberantasan sarang nyamuk agar warga terhindar dan terbebas dari DBD,” ungkapnya.

 “Kehadirannya bersama Forpimka merupakan bagian dari pemberdayaan wilayah dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah di daerah termasuk dalam bidang kesehatan,” imbuhnya.

 Hadir dalam kegiatan antara lain, Sekcam Mojoanyar Amsar Azhary Siregar, SE., MM., Kapolsek Mojoanyar diwakili Kanit Sabhara Aiptu Wayan, Kades Gayaman H. Salamun, Kades se-Kecamatan Mojoanyar, Babinsa Gayaman Sertu Suratin, Bhabinkamtibmas, Para Kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik) dan Warga Masyarakat Desa Gayaman, serta undangan lainnya. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For UPT Puskesmas Gayaman Gandeng Pos Ramil Mojoanyar Gelar Aksi PSN