TNI – Polri Di Mojokerto Amankan Ibadah Perayaan Natal 2018

1 (3)

MOJOKERTO, – Dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi Umat Kristiani pada Perayaan Natal Tahun 2018 dan Malam Pergantian Tahun baru 2019 Kodim 0815 Mojokerto mengerahkan sejumlah personelnya di Koramil Jajaran yang tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Pengamanan Perayaan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019 sudah dimulai sejak Jum’at (21/12/2018) lalu dan akan berlangsung hingga 1 Januari 2019 mendatang.  Kegiatan pengamanan yang bersandi “Operasi Lilin Semeru 2018” digelar di wilayah hukum Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota.

Kendati puncak kegiatan Misa dan Perayaan Natal Tahun 2018 di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto berlangsung hari ini, Senin (24/12) dan Selasa (25/12).  Namun ada sejumlah Gereja yang sudah merayakan sejak Jum’at (21/12) dan Sabtu (22/12), seperti Gereja Bethel Indonesia (GBI) Rock Ministry Mojokerto Jalan Majapahit Nomor 39, Gereja Allah Baik (GAB) Jalan Cokroaminoto Nomor 7 Kota Mojokerto, dan GKI Jalan Lawu Raya Nomor 2 Kota Mojokerto.

Sementara di wilayah Kabupaten Mojokerto berlangsung di GKJW Banyulegi Dawarblandong, GKJW Induk Jemaat Sukorame Desa Penompo Jetis, GKJW Semampir Desa Mojokumpul Kemlagi dan Gereja GPDI Pantekosta Desa Gempolkrep Gedeg.

Pantauan di lapangan, Senin (24/12/) malam, puncak Ibadah dan Perayaan Natal berlangsung merata di sejumlah Gereja di wilayah Kota Mojokerto maupun Kabupaten Mojokerto. Sebelum kegiatan petugas Kepolisian dibantu Unsur TNI dan instansi terkait melakukan sterilisasi di gereja termasuk barang bawaan para Jemaat tak luput dari pemeriksaan.

Untuk memastikan jalannya pengamanan pada Ibadah Perayaan Natal 2018, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., bersama Wakil Bupati Pungkasiadi, SH., Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, SH., S.IK., MH., dan Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto H. Ismail Pribadi, SE., turun langsung memantau sejumlah Gereja di wilayah Pacet, Mojosari dan wilayah lainnya.

Di sela-sela kegiatan, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., mengatakan, pihaknya menerjunkan sejumlah personel untuk membackup Kepolisian dalam pengamanan Natal 2018 di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto.

“Pengamanan yang dilakukan secara terintegrasi oleh unsur TNI, Polri, Pemda yang didukung instansi terkait lainnya dan sejumlah Pam Swakarsa bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi Umat Kristiani dalam menjalankan ibadah serta menciptakan situasi yang kondusif di wilayah,” ungkapnya.

Masih tutur Perwira Dua Melati alumni Akmil Tahun 2000 ini, selain di gereja, pengamanan juga dilakukan di sejumlah pos pengamanan, pos pantau dan pos pelayanan yang  tergelar di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For TNI – Polri Di Mojokerto Amankan Ibadah Perayaan Natal 2018