TMMD Ke- 101 Jombang Sebagai Upaya Mendukung Terwujudnya Pertahanan Negara Di Daerah Yang Tangguh

2

Jombang. TMMD ( Tentara Manunggal Masuk Desa ) tidak hanya menyasar pembangunan fisik di daerah tetapi juga menjadi media untuk meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional. Untuk menanamkan nilai-nilai bela negara sekaligus memberikan motivasi belajar kepada generasi muda khususnya kalangan pelajar di daerah TMMD, Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Simokos) Kodim 0814 Jombang mengunjungi SDN sidokaton Kec. Kudu Kab.  Jombang, Senin (9 April 2018).

Babinsa Sidokaton Serka Anton Maksudi mengatakan, Simokos ini merupakan sarana belajar yang unik dan menarik. “ Melalui sarana Simokos ini, para siswa akan dikenalkan materi pengetahuan umum dan bela negara. Diharapkan melalui kegiatan ini akan tertanam semangat bela negara pada diri siswa,”ujarnya.

Dengan Simokos ini, para siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran dan pihak Koramil bisa menyisipkan materi diantaranya Wasbang Bhinneka Tunggal Ika, pemutaran film profil TNI, membaca buku bacaan dan bela negara,”ungkap Serka Anton.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SDN Sidokaton, Ibu Siti Muaroroh S,Pd selaku Kepala Sekolah, menyambut baik kegiatan Simokos ini, pihak sekolah sangat mendukung program Simokos ini karena dapat menanamkan rasa kebangsaan dan semangat bela negara kepada siswa, selain rajin belajar. “ Kalau bisa kegiatan Simokos ini bisa dilakukan setiap sebulan atau dua bulan sekali,” harapnya.

Dalam proses pemikiran TNI, untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh, TNI berketepatan memilih TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian, disamping sebagai upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai Kemanunggalan TNI – Rakyat. Untuk itu Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan,daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan. (Penrem 082/CPYJ).

tags:

Related For TMMD Ke- 101 Jombang Sebagai Upaya Mendukung Terwujudnya Pertahanan Negara Di Daerah Yang Tangguh