Tingkatkan Wawasan Budidaya Cengkeh Lewat Suluh Tani

IMG-20181020-WA0008

KEDIRI. Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Losan Jaya Desa Blimbing dan Gapoktan Murni Desa Blimbing, bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kediri serta Kodim 0809/Kediri, mengadakan penyuluhan pertanian. Penyuluhan kali ini memfokuskan pada budidaya cengkeh dan diikuti puluhan petani dari Desa Blimbing. Sabtu (20/10/2018)

Secara khusus, Dinas Pertanian Kabupaten Kediri menerjunkan orang-orang yang berkompeten dibidangnya, terlebih, kegiatan-kegiatan tersebut sangat erat dengan jenis tanaman yang ada di Blimbing.

Bambang dari Dinas Pertanian mengatakan, “kegiatan peningkatan usaha tani ini adalah kegiatan dari Dinas Pertanian Kabuaten Kediri, khusus di bidang perkebunan. Salah satunya ialah komoditas cengkeh.”

Lebih lanjut, kemungkinan besar adanya respon dari petani di Desa Blimbing untuk lebih meluaskan lahannya atau beralih ke tanaman cengkeh. Hal ini disebabkan secara nilai ekonomi, komoditas cengkeh cukup menjanjikan dan bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

“Cengkeh saat ini, harga jual beli masih stabil dan bisa menjadi sumber pendapatan utama. Butuh keuletan untuk mengembangkan tanaman ini dan kerja keras menjadikan cengkeh menjadi favorit di desa ini,” katanya.

Senada hal itu, Kapten Arm Bangun Budi Adi mendukung sepenuhnya program Dinas Pertanian Kabupaten Kediri dalam meningkatkan usaha tani cengkeh di Desa Blimbing. Sebagaimana penjelasan sebelumnya dari Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, cengkeh memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan tanaman lainnya.

“Kesejahteraan petani sangat diperhatikan oleh Pemerintah. Melalui Dinas Pertanian, petani diajak membudidayakan tanaman cengkeh. Nilainya cukup tinggi, dan ini bisa meningkatkan kesejahteraan petani,” jelasnya.

Penyuluhan pertanian ini lebih cenderung pada cara menghadapi serangan hama dan membudidayakan cengkeh yang tepat. Penyuluhan ini sendiri merupakan bagian dari agenda non fisik TMMD di Desa Blimbing, dan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Kediri sebagai mitra dari Kodim Kediri, mengadakan kegiatannya dalam 2 lokasi, yaitu teori di balai Desa Blimbing, sedangkan untuk praktek di lahan pertanian milik warga. (Penrem 082 / CPYJ ).

Related For Tingkatkan Wawasan Budidaya Cengkeh Lewat Suluh Tani