Tingkatkan sinergitas tiga pilar dengan para tokoh agama dalam amankan jalanya perayaan Hari Raya Nyepi di Kec Balun Kab Lamongan

dok4

Lamongan-,   Dalam rangka meningkatkan sinergitas antara tiga pilar dengan para tokoh lintas agama Danramil 0812/03 Turi Kapten Arh Didik Sulistiyo bersama Muspika setempat amankan jalanya kegiatan Ibadah Tawur Kesanga dalam perayaan hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940, dengan Thema “Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Soliditas Sebagai Perekat Keberagaman Dalam Menjaga Keutuhan NKRI” yang bertempat di Pura Sweta Maha Suci Desa Balun dan Lapangan Desa Balun Kec. Turi Kab. Lamongan dan dilanjutkan Pawai Ogoh-ogoh sebagai penanggungjawab Bpk. Ketut Roso (Tokoh Agama Hindu Lamongan)  dihadiri sekitar 1.500 orang.Sabtu (17/03/18)

Hadir dalam kegiatan ini” Kompol Cajad Cahyadi (Kabagops Polres Lamongan),‎Muspika Kec. Turi. H. Khusaeri (Kepala Desa Balun).Perangkat Desa Balun.Umat Hindu dari Kab. Tuban dan Lamongan.‎Para Pemuda Lintas Agama Desa Balun.Masyarakat Desa Balun, Desa Tambakploso, Turi, Tawangrejo, Gedong Boyo Untung dan sekitarnya.

Dalam kegiatan ini terlebih dahulu di laksanakan apel  gabungan dan pengecekan Personel PAM yang dipimpin oleh Kompol Chadjad Tjahjadi, SH (Kabag Ops Polres Lamongan), yang intinya” Laksanakan tugas pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, hari ini banyak masyarakat yang datang untuk menyaksikan pawai Ogoh-ogoh. Ikuti semua pembagian pos-pos yang akan disampaikan Paops, tidak ada yang meninggalkan tempat sebelum acara selesai.Personel yang telah dibagi agar langsung menempati posnya masing-masing.

Dilanjutkan dengan persiapan pawai Ogoh-ogoh dan prosesi pemberangkatan pawai ogoh-ogoh di depan Pura Sweta Maha Suci Desa Balun.

Sambutan Bpk. Adi Wiyono (Tokoh Agama Hindu Desa Balun), yang intinya”Ucapan terima kasih atas segala dukungan semua pihak yang selalu mendukung rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi di Desa Balun dalam keadaan lancar.Pelaksanaan pawai ogoh-ogoh hari ini beda seperti tahun sebelumnya karena diikuti sebanyak 8 ogoh-ogoh yang akan dibawa untuk mengelilingi Desa Balun.Meskipun pawai pada hari ini diwarnai dengan hujan gerimis, namun tidak menurunkan semangat kita dan semoga Tuhan Yang Esa memberikan kelancaran dalam pelaksanaannya.

Sambutan Bpk. H. Kushaeri (Kepala Desa Balun), yang intinya”Puji syukur kehadirat Allah SWT, sore ini kita dilibatkan dalam pawai Ogoh-ogoh dalam cuaca gerimis. Atas nama warga Desa Balun mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1940.Kegiatan semacam ini sangat bagus dalam pembelajaran bagi generasi yang akan datang dan berharap Desa Balun menjadi destinasi wisata dimasa yang akan datang, karena Desa Balun tempat keberagaman yang selalu terjaga hingga saat ini. Ucapan terima kasih kepada semua instansi atas segala dukungannya dan berharap Desa Balun akan mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Tingkatkan sinergitas tiga pilar dengan para tokoh agama dalam amankan jalanya perayaan Hari Raya Nyepi di Kec Balun Kab Lamongan