Tingkatkan Produtifitas panen dengan penerapan tanam padi pola jajar legowo

dok1(2)

Lamongan-, Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Kodim 0812 Lamongan membantu petani menanam padi pada musim tanam beberapa wilayah di Kabupaten Lamongan. “Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani menanam padi karena saat ini memasuki musim penghujan bertepatan dengan masa tanam sebagian areal sawah di Lamongan,” kata Perwira Seksi Teritorial, Kapten Kav Nurchodjim, saat ditemui dikantornya, Makodim 0812 Lamongan, Senin (08/01/2018).

Ia mengatakan, petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan “jajar legowo” dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

“Pada program ketahanan pangan seperti yang di lakukan Babinsa 0812/10 Babat Serma rasiman melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan,” tuturnya.

Menurutnya, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola “jajar legowo”, akan tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya. Babinsa bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di kabupaten Lamongan,” katanya. (Penrem 082/CPYJ)

Related For Tingkatkan Produtifitas panen dengan penerapan tanam padi pola jajar legowo