Tingkat Produktifitas Lewat Hari Menanam Produk Unggulan

 1 (1)
Kediri,   Upaya untuk meningkatkan budidaya tanaman pangan dilakukan hari ini dengan mensosialisasikan program peningkatan produktifitas tanaman pangan nasional lewat hari menanam produk unggulan yang berlangsung di balai Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan. Sebagai pembicara pada sosialisasi bergenre hari menanam produk unggulan ini Danramil Plemahan Kapten Arh Ajir, Camat Plemahan Gembong Prayitno dan Kapolsek Plemahan AKP Surono. Tak ketinggalan kepala desa se-Kecamatan Plemahan beserta perwakilan pelaku sektor pertanian, khususnya tanaman pangan, juga turut mengikuti sosialisasi yang berlangsung dibawah hujan rintik-rintik ini kamis (28/12/2017).
 
“Kalau semua desa memiliki setidaknya 2 hektar saja tanaman pangan, bisa kita hitung kalau ada 17 kecamatan ,berarti ada 34 hektar tanaman pangan di Kecamatan Plemahan. Hasil dari 34 hektar itu sudah cukup banyak kalau semuanya lancar, baik saat menanam hingga panen. Kalau kita buat hitung-hitungan, 34 hektar tersebut bisa menghasilkan buah-buah pilihan yang berkualitas, tentunya kita tidak usah repot-repot lagi membutuhkan buah-buahan dari luar daerah,” terang Gembong Prayitno.
 
Lanjutnya,”Usaha tani melalui kelompok tani juga harus diperkuat. Hitung dulu labanya berapa, tetapi jangan lupa faktor kerugian yang mungkin bisa terjadi. Tetapi kita harus tetap optimis mendongkrak tanaman buah-buahan lokal, dari produksinya, kualitasnya.”
 
Sementara itu Kapten Arh Ajir menambahkan ,”Buah-buahan impor masih banyak dipasaran. Tetapi kalau para petani kita bisa menghasilkan buah yang banyak ,berlimpah ,berkualitas, saya yakin hasilnya kita bisa mengurangi impor buah. Kita ini negara agraria, sudah seharusnya kita tidak usah lagi mengimpor buah-buahan ,kecuali buah yang hanya ada diluar iklim tropis, itu sudah alam yang membuat, kita tidak bisa menolaknya.”
 
Sambungnya ,”Ketahanan pangan juga akan terjaga, kalau kita tidak terlalu cenderung impor. Buah-buahan yang ada di negeri kita, tidak kalah bagusnya dengan produk luar negeri. Kita harus sedikit demi sedikit mulai bergerak menuju kemandirian pangan.”
 
Di penghujung hari menanam produk unggulan, Muspika Plemahan bersama Kepala Desa se-kecamatan plemahan melakukan aksi tanam buah unggulan, antara lain nangka, mangga dan pisang.  ( Penrem 082/CPYJ ).

Related For Tingkat Produktifitas Lewat Hari Menanam Produk Unggulan