Tim Penyuluh Peternakan TMMD 101 Jombang Tingkatkan Pendapatan Peternak

 1

JOMBANG.    Pada umumnya masyarakat desa Sidokaton bermata pencaharian dengan cara bertani dan beternak. Untuk itu pada program TMMD di desa Sidokaton di proiritaskan masalah pertanian dengan penyuluhan pertanian dan peternakan diharapkan nantinya masyarakat desa Sidokatonlebih memahami bidang pertanian dan peternakan. Dalam hal ini peternakan lebih diutamakan, tinggal kita mau dan tekun untuk menjalaninya. Seperti beternak, Kambing, Sapi dan lainya.

Selain memberikan penyuluhan secara teori Dinas Peternakan Kabupaten Jombang bersama Babinsa Desa Sidokaton Serka Anton Mashudi keliling ke warga yang mempunyai hewan ternak khususnya sapi, tim penyuluh peternakan TMMD memberikan pelayanan kesehatan ternak dan memberikan vitamin khususnya sapi.

 Sasaran TMMD non-fisik adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat secara gratis. Salah satunya kegiatan kawin suntik sapi secara gratis, dengan melibatkan dinas terkait di Jepara,” kata Serka Anton Mashudiselasa 10 April 2018.

Babinsa Sidokaton menambahkan dalam kegiatan kawin suntik pada ternak sapi ini dapat memberikan berbagai keuntungan. Antara lain, dpat menghemat biaya pemeliharaan pejantan, untuk mendapatkan bibit yang bagus. “ Tidak perlu membeli sapi pejantan yang harganya mahal,” ucapnya.

Di samping itu, kawin suntik juga‎ dapat mengatur jarak kelahiran ternak, dapat memilih bangsa sapi yang diinginkan.” Serta, pertumbuhan sapi lebih cepat dan yang paling penting yaitu dapat meningkatkan pendapatan peternak,” imbuh Babinsa. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Tim Penyuluh Peternakan TMMD 101 Jombang Tingkatkan Pendapatan Peternak