Terkait Pelayanan KB Gratis, Camat Mojo Dan Kades Mlati Angkat Bicara

1 (2)(5)KEDIRI. Pelayanan KB (Keluarga Berencana) dan penyediaan alat kontrasepsi secara gratis diadakan dilapangan Desa Mlati. Menanggapi keberadaan pelayanan KB ini, Kepala Camat Mojo, Sukemi sangat mendukung atas kesuksesan agenda TMMD 103 di Kediri ini, terlebih kegiatan ini juga merupakan program dari Pemerintah. senin (15/10/2018)

“Warga sangat antusias mendaftarkan diri di pelayanan KB ini, apalagi ditempat ini juga disediakan alat kontrasepsi secara gratis. Program KB ada dalam program Pemerintah, otomatis kegiatan ini ikut membantu kesuksesan program Pemerintah,” jelasnya.

Menurutnya, pelayanan KB ini setidaknya bakal mencegah meledaknya populasi penduduk di Kecamatan Mojo pada khususnya dan Kabupaten Kediri pada umumnya. Karena dampak besarnya populasi penduduk yang tidak seimbang dengan serapan tenaga kerja, akan berakibat macetnya pertumbuhan ekonomi.

Lapangan kerja di Kecamatan Mojo, menurutnya relatif berimbang, karena rata-rata warga di Kecamatan Mojo berprofesi sebagai petani. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan berubah, dikarenakan prosentase minat generasi muda rata-rata kurang tertarik menjadi petani.

Senada hal itu, Kepala Desa Mlati, Musa, membenarkan bahwa jumlah penduduk didesanya memang tidak sebesar dibanding jumlah penduduk perkotaan dan wilayah desanya sangatlah luas, jauh lebih luas dibanding kelurahan di perkotaan.

Kendati demikian, luas lahan pertanian sudah mulai terlihat berubah berbanding dengan jumlah penduduknya. Kondisi saat ini, menurut Musa, sudah berbeda dibanding ketika ia masih anak-anak. Jumlah kepemilikan sawah dalam satu keluarga menjadi sorotannya dalam perbandingan tersebut.

“Dulu, satu keluarga bisa memiliki sawah sekitar 3 sampai 5 bahu (2,1 hektar sampai 3,5 hektar). Tetapi sekarang tidak lagi. Ini karena jumlah penduduknya makin banyak. Rata-rata warga Blimbing sekarang, satu keluarga memiliki sawah sekitar 1 bahu (0,7 hektar),” ungkapnya.

Ia menambahkan, pelayanan KB sangat sesuai dengan pemikirannya, bahwa jumlah penduduk harus seimbang dengan luas lahan pertanian atau serapan kerja. Bahkan ,dari tahun ke tahun, lahan pertanian didesanya sudah mulai banyak yang alih fungsi menjadi rumah warga. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Terkait Pelayanan KB Gratis, Camat Mojo Dan Kades Mlati Angkat Bicara