Sinergitas dan Soliditas Atasi Tangkis Jebol Dampak Hujan

 1 (1)(2)
KEDIRI.   Tangkis yang berada di tengah areal pertanian milik warga Desa Sidomulyo Kecamatan Semen, kemarin malam jebol. Tercatat ada 6 titik dengan ukuran yang relatif berbeda-beda, tetapi semua tangkis yang jebol tersebut sangat berdampak negatif dengan kondisi disekitarnya, sabtu (23/12/2017)
 
Koramil 22/Semen, Polsek Semen dan warga Desa Sidomulyo sejak pagi tadi bergotongroyong memaksimalkan SDM yang ada. Danramil Semen Kapten Inf Arifin Effendi bersama Kapolsek Semen AKP Karyoko turut turun tangan membantu warga dalam penanganan dampak banjir atau luapan sungai.
 
Dari konfirmasi Kapten Inf Arifin Effendi, dari 6 titik tangkis jebol ini, semuanya rata-rata kelebaran mencapai 1 hingga 2 meter, sedangkan 1 titik dan ketinggian rata-rata 0,5 hingga 1 meter, sedangkan yang paling parah mencapai 8 meter dengan ketinggian mencapai sekitar 1,5 meter. Pengadaan karung untuk menutup celah tangkis yang jebol dilakukan dengan swadaya Koramil Semen dan Polsek semen serta perangkat desa setempat.
 
“Upaya penanggulangan dampak banjir kemarin malam ,cukup mengganggu tanaman di sawah milik warga. Ada sebagian kecil pemukiman warga yang turut tergenangi air akibat tangkis yang jebol kemarin malam. Kerusakan akibat tangkis yang jebol ini masih relatif kecil, tetapi dampak bagi tanaman di sawah kemungkinan cukup besar,” jelas Kapten Inf Arifin Effendi.
 
Sambungnya ,”Karung-karung yang sudah kita upayakan akan mampu menutup celah tangkis jebol, diusahakan akan tertutup semua sore ini. Tidak ada kerugian skala besar akibat dampak tangkis jebol ini.”
 
Sementara itu, menurut Camat Semen Sujiwo, kawasan Desa Sidomulyo memang dari tahun ke tahun menjadi langganan tangkis jebol, dikarenakan kedalaman dan kelebaran sungai saat musim hujan tidak mampu menampung volume yang besar, akibatnya tangkis yang terlewatinya juga tidak mampu menahan gerusan yang deras.  (Penrem 082/CPYJ).

Related For Sinergitas dan Soliditas Atasi Tangkis Jebol Dampak Hujan