Sinergi Koramil 0815/10 Dan UPT Puskesmas Bangsal Dalam Minilok Lintas Sektor

1
MOJOKERTO     Koramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815 Mojokerto bersinergi dengan instansi terkait dalam berbagai kegiatan dalam rangka pemberdayaan wilayah.  Seperti dalam pelaksanaan Mini Lokakarya Lintas Sektor yang diselenggarakan UPT Puskesmas Bangsal, Selasa (28/11/2017. 
 
Kegiatan yang berlangsung di ruang pertemuan UPT Puskesmas Bangsal  Jalan Raya Puloniti Nomor 1 Desa Puloniti Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Jatim, dihadiri sekitar 40 orang, antara lain Ka Dinkes Kabupaten Mojokerto yang diwakili Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Susi Dwi Arini, S.Kep., Ners., Camat Bangsal diwakili Kasi Tramtib Hengky, Danramil 0815/10 Bangsal yang diwakili Bati Tuud Pelda Mohamad Ilyas, Kapolsek Bangsal diwakili Wakapolsek Iptu Suandono, Kepala KUA Bangsal Moh. Syaifulloh, Kades dan perwakilan Guru se-wilayah Bangsal dan undangan.
 
Peran serta unsur Forpimka, instansi terkait, Kades dan semua komponen masyarakat sangat diperlukan dalam upaya pencegahan penyakit, terlebih saat musim penghujan serangan penyakit biasanya melanda salah satunya demam berdarah, ucap  Susi Dwi Arini, S.Kep., MM., dari Dinkes Kabupaten Mojokerto. 
 
“Untuk upaya pencegahan ini sudah dialokasikan oleh Dinas Kesehatan, namun Dinkes dan UPT tidak bisa berjalan sendiri, upaya ini tentunya harus dilakukan secara intensif dan berkala dengan melibatkan semua pihak”, tegasnya.   
 
Sementara Ka UPT Puskesmas Bangsal dr. Ninis Budi Utami mengungkapkan, digelarnya Minilok ini untuk menjalin kerja sama lintas sektoral agar lebih sinergi dalam pelaksanaan program-program kegiatan Puskesmas dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat pembinaan peran serta masyarakat sekaligus fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bertanggungjawab atas wilayah kerjanya.    “Lebih baik mencegah sejak dini daripada mengobati”, tandasnya.
 
Dijelaskan pula tentang beberapa program dan kegiatan Puskesmas diantaranya program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Pertemuan Kader Kesehatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Sinergi Koramil 0815/10 Dan UPT Puskesmas Bangsal Dalam Minilok Lintas Sektor