*Sinergi Kodim 0815, Polres Dan Disperka Motivasi Warga Bela Negara Dan Gemar Membaca*

 1 (1) (1)

MOJOKERTO, –  Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Kodim 0815 Mojokerto bersama Polres Mojokerto serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperka) Kabupaten Mojokerto bersinergi mengajak dan membudayakan masyarakat agar gemar membaca.

Kegiatan yang bertema “Mencerdaskan Masyarakat Melalui Budaya Gemar Membaca dan Belajar Sepanjang Hayat”, kali ini berlangsung di Balai Desa Jrambe Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (10/10/2018) malam.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Kodim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, yang hadir sekaligus menjadi pemateri Wawasan Kebangsaan, diantaranya menyampaikan tentang pentingnya bela negera .

Menurut Nuryakin, Bela Negara merupakan sekaligus kewajiban bagi seluruh warga negara.  “Ini amanat konstitusi, sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 27 Ayat (3) dan Pasal 31 Ayat (1) serta UU RI Nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara,”tandasnya.

“Hal ini harus dikethaui dan dipahami masyarakat sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari walaupun dalam bentuk sederhana,” imbuhnya.

Bela negara secara sederhana, tutur Kasdim, dapat diwujudkan melalui kegiatan Siskamling, membentengi diri, lingkungan dan masyarakat dari masuknya faham ideologi lain selain Pancasila, membantu penanganan korban bencana alam dan lain-lain.

“Tidak kalah pentingnya, dengan nilai-nilai luhur Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang telah diwariskan para pendiri bangsa, juga harus dipahami dan diamalkan dalam keseharian sehingga akan tercipta kerukunan antara warga masyarakat,” tegasnya.

Di akhir materinya, Kasdim 0815 sangat mengapresiasi program budaya gemar membaca yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto. “Ini terobosan yang luar biasa, tentunya tidak hanya diapresiasi namun harus kita dukung secara maksimal demi mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto, Ustadzi Rois, SH., M.Pd, mengungkapkan, diselenggarakannya program budaya gemar membaca bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga masyarakat dapat berfikir cerdas dan tidak mudah terhasut atau terprovokasi.

Hadir dalam kegiatan sekitar 80 orang antara lain, Kapolres Mojokerto diwakili Kapolsek Dlanggu AKP  Airlangga R. Pharmady, SE., Camat Dlanggu Nunuk Jatmiko, S.Sos, Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Teguh Irianto, Kades Jrambe Slamet, Sekdes Lya Resita Dewi berserta perangkat dan warga masyarakat.(Penrem 082 / CPYJ).

Related For *Sinergi Kodim 0815, Polres Dan Disperka Motivasi Warga Bela Negara Dan Gemar Membaca*