Sikapi Aksi Radikalisme & Terorisme, Forpimka Bangsal Gelar Rakor Bersama Tiga Pilar

1527339942056_1

MOJOKERTO.         Untuk mengantisipasi terjadinya aksi radikalisme dan terorisme, Forpimka Bangsal menggelar rapat koordinasi bersama Tiga Pilar di Pendopo Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (25/05/2018).

Kegiatan bertajuk Rapat Kordinasi 3 Pilar Se-Kec. Bangsal dalam rangka Pam Swakarsa Untuk Mengantisipasi Radikalisme dan Terorisme, dihadiri Forpimka Bangsal yakni Camat Drs. Moh. Riduwan, MM, Kapolsek AKP Suparmin dan Danramil 0815/10 Kapten Arh Anang Supriyanto.

Selain unsur Forpimka, Rakor Tiga Pilar tersebut dihadiri Kasat Binmas Polres Mojokerto AKP Bambang Sujatmiko serta diikuti sekitar 60 orang, antara lain Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa se-Kecamatan Bangsal serta Anggota Tramtib/Satpol PP Kecamatan Bangsal.

Acara diawali dengan sambutan Camat Bangsal, Drs. Moh. Riduwan, MM, yang diantaranya menyampaikan, secara umum situasi Mojokerto khususnya Bangsal dalam keadaan aman dan kondusif, akan tetapi kita harus selalu waspada.  Camat juga menghimbau kepada Pemerintah Desa untuk meningkatkan keamanan di desa melalui Poskamling. Tekankan untuk tamu yang menginap harus melaporkan diri (wajib lapor) guna mengantisipasi kejadian yang berkembang saat ini, tegasnya.

Sementara Kasat Binmas Polres Mojokerto AKP Bambang Sujatmiko, diantaranya menyampaikan bahwa Tiga Pilar harus selalu bersinergi untuk mengantisipasi ancaman-ancaman yang berkembang saat ini melalui ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan Pam Swakarsa dengan cara  mengamankan diri sendiri dan keluarga. Kemudian mengaktifkan Poskamling dan menghimbau masyarakat agar tamu 1 x 24 jam wajib lapor ke RT/RW serta melaksanakan patroli besrama Tiga Pilar dan mendata rumah kost dan orang/warga/penghuni baru.

Berikutnya Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Arh Anang Supriyanto, yang menegaskan agar Tiga Pilar Desa, mengajak tokoh masyarakat dan menghimbau kepada warga untuk lebih peduli dalam menjaga keamanan di wilayah masing-masing, yang pelaksanaannya dapat dilakukan melalui  Poskamling dan lain-lain. Langkah ini sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya aksi radikalisme dan terorisme, tutupnya.

Di akhir acara, Kapolsek Bangsal AKP Suparmin, SH juga menambahkan, apabila ada permasalahan kecil di desa upayakan diselesaikan di tingkat desa dan koordinasikan dengan Tiga Pilar.  Bagi putra-putrinya yang menggunakan kendaraan sepeda motor supaya melengkapi surat-surat administrasi kendaraan yang syah dan helm harus standar.  Di akhir sambutannya, Kapolsek menghimbau agar Tiga Pilar menghimbau kepada masyarakat untuk melapor ke pihak yang berwajib apabila ada orang atau tamu yang mencurigakan. (Penrem 082/CPYJ ).

 

Related For Sikapi Aksi Radikalisme & Terorisme, Forpimka Bangsal Gelar Rakor Bersama Tiga Pilar