Si Mokos Dekatkan TNI Dengan Rakyat

 B (1)

Tuban–      Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodim 0811 Tuban mempunyai cara berberda untuk melakukan pendekatan diri kepada masyarakat. 

Mereka memanfaatkan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Si Mokos) untuk memberikan layanan kepada masyarakat, sekaligus menyisir wilayah pedesaan. 
“Dengan Si Mokos, aparat TNI di Tuban bisa langsung ke desa-desa, seperti komunitas Nelayan, petani dan komunitas warga lainnya,” ungkap Dandim 0811 Tuban, melalui Pasiter Kapten Arh Sudiono di kantornya, Rabu (13/6/2018).
 

Motor roda tiga yang didesain menjadi perpustakaan keliling ini memang tidak hanya menyasar sekolah-sekolah, komunitas warga juga tak luput dari sasaran kegiatan ini. Mereka dapat melihat penayangan film sambil baca literasi yang didalamnya menceritakan tentang pengetahuan umum, seperti pertanian, perikanan dan pengetahuan lainnya. 

Seperti yang dilakukan Koramil 0811/13 Tambakboyo, dengan Si Mokos mendatangi warga di Desa Sawir Kecamatan Tambakboyo yang sedang melaksanakan Pos Kamling di malam hari, Selasa (12/6) malam.

“Kalau siang kan Puasa, jadi kita lakukan sosialisasi Si Mokos ini saat malam hari, sambil menemani warga jaga, kita berikan hiburan dan pengetahuan,” ungkap Batituud Koramil 0811/13 Tambakboyo, Pelda Wardito. 

Antusias warga cukup bagus dan tinggi. Terbukti sarana yang ada di kendaraan ini lengkap, seperti buku-buku tentang pendidikan, pertanian, pengetahuan umum, TNI dan juga buku wawasan kebangsaan banyak dibaca warga. 

Kegiatan ini, menurut Wardito, dinilai memiliki peran penting dalam memberdayakan masyarakat di daerah yang berada di wilayah tugas.

“Program Si Mokos ini, sebagai bagian wujud dari kemanunggalan TNI dengan rakyat, sekaligus mendorong berbagai kalangan untuk gemar membaca sambil bermain dan bergembira di setiap tempat,” ungkapnya. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Si Mokos Dekatkan TNI Dengan Rakyat