Senam Germas Bersama PKK, Persit KCK dan Bhayangkari Kecamatan Ngancar

2(2)KEDIRI. Senam dalam rangka Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) diadakan PKK Kecamatan Ngancar dan senam ini dilakukan di halaman UPTD Puskesmas Ngancar. Senam bersama ini diikuti PKK se-Kecamatan Ngancar, Persit Kartika Chandra Kirana Koramil 20/Ngancar dan Bhayangkari Polsek Ngancar. Rabu (19/9/2018)

Dalam sambutannya, drg.Hery Cahyono selaku Kepala UPTD Puskesmas Ngancar menyampaikan bahwa Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat meningkatkan kualitas hidup.

Menyinggung perubahan pola penyakit di Indonesia saat ini, ia menjelaskan, bahwa meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker, dan diabetes militus.

Ia menambahkan, tanpa upaya yang signifikan, kecenderungan kesakitan dan kematian serta permintaan pelayanan kesehatan akan terus meningkat, didorong pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, konsumsi buah dan sayur yang rendah serta konsumsi rokok dan alkohol.

Lebih lanjut, ada 10 indikator Germas, yakni, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan, penimbangan balita teratur setiap bulan, panggunaan air bersih, cuci tangan dengan sabun, penggunaan jamban sehat, pemberantasan sarang nyamuk, makan sayur dan buah setiap hari, aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok didalam rumah.

Sementara itu, Camat Ngancar Suharsono menghimbau kepada seluruh PKK se-Kecamatan Ngancar untuk senantiasa mensosialisasikan Germas di tingkat desa hingga RT maupun RW.

Senada hal tersebut, Danramil Ngancar Kapten Czi Martono mengingatkan akan pentingnya hidup sehat dengan selalu berolahraga dan ia sangat sependapat dengan apa yang dikatakan Camat Ngancar. (Penrem 082 / CPYJ ).

Related For Senam Germas Bersama PKK, Persit KCK dan Bhayangkari Kecamatan Ngancar