Satgas TMMD Ke-102 Mojokerto Tuntaskan 18 Unit Jamban Sehat

Finishing MCK (1)

MOJOKERTO.   Dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman, salah satu sanitasi dasar yang harus dimiliki setiap keluarga yaitu jamban sehat, yang berfungsi mengisolasi limbah manusia (tinja) sehingga tidak menyebabkan pencemaran pada air, tanah dan udara (bau).

Untuk membantu mewujudkan kondisi tersebut, Satgas TMMD Reguler Ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto yang bertugas di Desa Jembul, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto,   memprioritaskan pembuatan jamban sehat sebagai salah satu sasaran fisik, disamping pembangunan infrastruktur lainnya, seperti jalan, balai desa, renovasi musholla dan tanggul penahan tanah (TPT).

Pembuatan jamban sehat ini diperuntukan bagi 18 KK yang secara ekonomi kurang beruntung dan seluruhnya berprofesi sebagai buruh tani.  Ke -18 warga penerima bantuan jamban sehat ini tersebar di empat RT dan dua RW, dengan persebaran sejumlah 13 unit jamban di RW 02 dan 5 unit di wilayah RW 01.

Pengerjaan jamban sehat di lakukan personel gabungan dari SST Kodim 0815, SST Yonif  Para Raider 503/MK, SST Yonif  Mekanis 521/DY dan Yon Zipur-5, Polres Mojokerto, Ormas dan masyarakat setempat. Berkat kerja keras Tim Work tersebut, maka pada hari ke-13 TMMD, berhasil merampungkan 14 unit jamban, 5 unit jamban sisanya secara bertahap dituntaskan dalam tempo sepekan.

Komandan SSK TMMD Reguler Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto, Kapten Inf Desto Jumeno, saat di lokasi kegiatan, Sabtu (28/07/2018), mengungkapkan, untuk pembuatan 18 unit jamban keluarga, pada Sabtu ini atau hari ke-sembilan belas TMMD, sudah tuntas 100 persen.  “Terakhir tadi, finishing jamban di rumah Sariadi (44) dikerjakan Tim Work dipimpin Koptu Hidayat dari Yon Zipur-5”, jelasnya.

Salah satu warga RT 04 RW 02 penerima bantuan jamban sehat, Sariadi (44), menuturkan , program pembuatan jamban sehat bagi keluarga kurang beruntung sangat membantu. Tak lupa, Sariadi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, TNI dan Instansi lainnya yang bertugas dalam TMMD ini. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Satgas TMMD Ke-102 Mojokerto Tuntaskan 18 Unit Jamban Sehat