Satgas TMMD Ke – 102 Mojokerto Kebut Pembangunan Balai Desa Jembul

1 (4)(4)

MOJOKERTO.         Pembangunan Pendopo dan Balai Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, oleh Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke – 102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto hingga hari ini, Minggu (15/07/2018) terus dikebut.

Demikian dikatakan Komandan SSK TMMD Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Desto Jumeno yang didampingi Kades Jembul, Suyitno, saat di lokasi kegiatan.   Pada TMMD kali ini, pembangunan Pendopo dan Balai Desa Jembul merupakan salah satu sasaran fisik diantara 13 item sasaran fisik secara keseluruhan, tambahnya.

Masih kata Komandan SSK, dalam setiap hari personel yang dilibatkan dalam pembangunan Pendopo dan Balai Desa Jembul dari 35 orang terdiri dari TNI, Polri dan masyarakat setempat.  Pengerjaan Pendopo dan Kantor Desa ini sudah dimulai sejak Pra TMMD, yakni sepekan sebelum pembukaan TMMD.  Saat ini untuk pengecoran tiang pancang Pendopo dan Balai Desa sudah mencapai 33 %, imbuhnya.

Sementara Kepala Desa jembul, Suyitno yang setiap hari ada di lokasi kegiatan, mengatakan, Balai Desa Jembul ini dibangun pada masa Kepala Desa Sukat Sudomo yaitu tahun 1987 – 1992, dan belum pernah direnovasi.

Masih tuturnya, dari sisi fisik Balai Desa Jembul memang kondisinya sudah tidak layak dibandingkan Balai Desa yang ada di seluruh Kabupaten Mojokerto. Dari kondisi tersebut, tidak bisa dilakukan perawatan dan memang harus dibangun sesuai standarnya balai desa.

Rencananya pelaksanaan pembangunan akan dilakukan swakelola warga Desa Jembul secara bergotongroyong.  Namun rencana tersebut belum terealisasi, dan alhamdulillah ada program TMMD yang mengalokasikan pembangunan Balai Desa Jembul menjadi salah satu sasaran fisik.

Bila dikerjakan melalui TMMD ini sangat membantu pembangunan Pendopo dan Balai Desa Jembul khususnya dari segi biaya lebih menghemat. Kades Jembul bersyukur dengan adanya program TMMD di Desa Jembul. Sejumlah sasaran fisik dikerjakan pada TMMD kali ini.

Tidak hanya pembangunan Kantor Balai Desa, juga ada pembangunan jalan tembus, sarana ibadah, jamban, pengerasan halaman dan pembuatan Tanggul Penahan Tanah (TPT) SDN Jembul serta infrastruktur lainnya yang semuanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  (Penrem 082/CPYJ )

Related For Satgas TMMD Ke – 102 Mojokerto Kebut Pembangunan Balai Desa Jembul