Satgas TMMD Ke 101 Kodim 0814 Jombang Dorong Lumbung Desa Untuk Lebih Maju

2
Jombang.     Lumbung Desa atau disebut juga Lumbung padi atau ada yang menyebutnya juga lumbung paceklik adalah solusi ketika terjadi paceklik. Budaya teramat luhur yang sudah terbentuk sejak ratusan tahun yang lalu tetap dilestarikan.
Bertempat di Lumbung Sido makmur dusun Mabul Desa Sidokaton, Kec. Kudu, Kab. Jombang, Satgas TMMD 101 Kodim 0814 Jombang di desa juga melaksanakan kegiatan pertanian dengan berinisiatif mendorong Kelompok Tani untuk lebih maju membangun Lumbung guna membantu anggota Poktan menyimpan hasil pertaniannya sehingga bisa digunakan penyimpanan bibit musim tanam tahun berikutnya dan untuk menyimpan cadangan makanan untuk satu tahun.
Serka Robbi dari Brigif 16 yang tergabung dalam satgas TMMD mengatakan, Lumbung desa selain berfungsi sebagai cadangan pangan disaat paceklik juga mempunyai nilai-nilai kegotong royongan yang tinggi. Mereka (petani) sadar betul bahwa hidup ini harus dibangun dengan berwawasan hari esok sehingga mereka akan mempunyai jiwa menabung walaupun hanya berbentuk gabah. Namun jauh didalamya terkandung nilai berhemat. Mereka bersama-sama akan menyisihkan hasil panennya sebagian dalam bentuk gabah sebagai jadangan pangan mereka disaat paceklik.
Bapak Kusno hendrawijaya selaku penasehat lumbung mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada satgas TMMD Kodim 0814 Jombang, yang telah bekerja sama serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan di desa kami khususnya pencapaian program ketahanan pangan nasional yang sekaligus menyejahterakan kehidupan masyarakat.  (Penrem 082/CPYJ ).
 

Related For Satgas TMMD Ke 101 Kodim 0814 Jombang Dorong Lumbung Desa Untuk Lebih Maju