Sarasehan 3 pilar satukan visi dalam keberagaman

1(1)

KEDIRI. Koramil 01/Kota, Polsek kota dan Kecamatan Kota mengadakan sarasehan 3 pilar dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama, dengan tema “Memupuk keberagaman membuahkan keamanan dan ketentraman”. Sarasehan ini diselenggarakan berkat kerjasama 3 pilar (TNI, Polri dan Pemerintah setingkat kecamatan) dengan seluruh kelurahan, LPMK dan Karang taruna se-Kecamatan Kota. Sebagai pembicara sarasehan ini, Danramil Kota Kapten Arm Bangun Budi Adi, Kapolsek Kota Kompol Sucipto dan Camat Kota Heri Purnomo, selasa (17/04/2018)

Berbicara di aula Kecamatan Kota, Heri Purnomo mengingatkan untuk tetap konsisten menjaga keberagaman ketika pilkada berlangsung mendatang. Menurutnya, beda pilihan adalah hak setiap pemilik hak suara dan hal itu harus dihargai atau dihormati. Demikian juga saat menentukan pilihannya, setiap orang tidak berhak memaksakan kehendaknya atas pilihan orang lain.

“Setiap pemilik hak suara diperkenankan memilih pilihannya sesuai keinginannya dan itu benar adanya. Tetapi kalau ia memaksakan pilihannya kepada sesama pemilik hak suara, itu kurang tepat, karena setiap pemilik hak suara berhak atas pilihannya masing-masing dan orang lain tidak berhak ikut campur atas pilihannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapten Arm Bangun Budi Adi menjelaskan seputar konteks netralitas TNI saat pilkada mendatang. Menurut pandangannya, semua aturan yang menjelaskan posisi TNI saat pilkada ,sudah sangat jelas. Jadi TNI tetap konsisten netral atau tidak berat sebelah ketika pilkada berlangsung.

“Kita disini sangat menghargai dan menghormati pesta demokrasi bulan juni nanti. Kita tetap konsekuen ada diposisi tengah, tidak memihak si A atau si B, kita netral dalam hal ini. Kita memahami semua pemilik hak suara beragam pilihan, ada yang memilih yang disana ada yang disini, itu hak mereka, kita hargai itu. Jadi ,apapun hasil suara mayoritas saat pilkada, itu adalah wewenang KPU,” jelasnya.

Berbeda dengan Kompol Sucipto, ia mengutarakan kondisi terkini seputar keamanan dan ketertiban ,terutama di Kecamatan Kota. Terlebih dalam kondisi saat ini yang sangat kondusif, tidak ada gesekan atau gejolak sosial ditengah-tengah masyarakat. Disamping itu, ia menghimbau warga untuk aktif berkomunikasi ,bila ditemui hal-hal yang menggangu ketentraman umum. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Sarasehan 3 pilar satukan visi dalam keberagaman