Puting Beliung Terjang Jombang, Ratusan Rumah Rusak Tertimpa Pohon

3

Jombang. Ratusan rumah dan warung-warung milik warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dilaporkan rusak akibat terjangan angin puting beliung, Sabtu (24/11/2018) petang kemarin. Sebagian di antaranya bahkan roboh total dan rata dengan tanah.

Detik-detik terjadinya angin puting beliung yang melanda Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, terekam oleh kamera ponsel warga. Sebuah pohon tampak roboh karena tak kuat menahan terjangan angin.

Video tersebut direkam salah seorang mahasiswa yang terjadi di halaman Universitas Hasyim Asyari di belakang Pondok Pesantren Tebuireng. Belasan motor yang di parkir di halaman kampus tampak tertimpa pohon yang tumbang. Puluhan mahasiswa yang melihat kejadian tersebut panik.

Salah seorang warga Desa Kwaron, Zaenudin mengatakan, angin puting beliung yang menerjang wilayah tersebut mulanya diawali dengan hujan deras. “Setelah itu, hampir seluruh rumah warga rusak tertimpa pohon,” katanya, Minggu (25/11/2018).

Selain pepohonan, hingga Minggu (25/11/2018) pagi, rumah-rumah warga yang diterjang angin puting beliung di Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, juga masih tampak porak-poranda. Sebagian di antaranya bahkan roboh hingga rata dengan tanah.

Sejumlah warga Minggu pagi tampak memunguti barang-barang berharganya di antara reruntuhan rumah mereka. Sebagian rumah ini rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang dan sebagian lainnya roboh karena tersapu angin. Puluhan aparat TNI dari Kodim 0814 Jombang dan polisi juga langsung dikerahkan ke lokasi untuk memotong pohon-pohon yang tumbang.

Berdasarkan data pemerintah desa setempat, total lebih dari seratus rumah warga yang rusak, namun mayoritas di antaranya termasuk dalam kategori rusak ringan karena hanya genting-gentingnya saja yang hilang tersapu angin selain rumah, angin puting beliung juga menimpa sebuah mobil. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Puting Beliung Terjang Jombang, Ratusan Rumah Rusak Tertimpa Pohon