Program Jambanisasi Dipastikan Membawa Dampak Positif Bagi Warga

1 (3)(1)KEDIRI. Muspida Kediri, meninjau langsung objek rumah warga Desa Blimbing dan Jugo yang mendapat prioritas program jambanisasi, usai secara resmi TMMD 103 di Kediri dibuka Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno di lapangan Desa Mlati. senin (15/10/2018)

Kunjungan kerja tersebut diawali dirumah kediaman Mbah Usrek Desa Blimbing. Rumah ini dulunya kurang ideal dikatakan sebagai rumah idaman, karena dilihat dari desain maupun struktur bangunannya, diketahui kurang sehat. Tetapi sekarang berubah, seiring proses renovasi rumah yang berdampingan dengan program jambanisasi.

Saat melihat langsung kondisi terkini pengerjaan dirumah Mbah Usrek, Kepala Desa Blimbing, Djoeari menghimbau warganya agar tidak lagi buang hajat di sungai. Ia menuturkan, memang tidak ada aturan buang hajat di sungai dilarang, tetapi dampak dari kejernihan sungai dan kotoran yang ditimbulkan menjadi pemikiran tersendiri. Apalagi, sungai satu-satunya yang masih mengalir cukup lancar di desanya itu, multifungsi, dalam artian digunakan juga untuk pengairan sawah.

Selain itu, Djoeari juga mengingatkan agar jamban yang sudah dibuat, agar difungsikan sebagaimana mestinya. Terlebih lagi, program jambanisasi ini berstatus gratis alias tanpa biaya sepeserpun.

Dalam kunjungan Muspida Kediri ini, Danrem 082 Kolonel Arm Budi Suwanto menyempatkan diri berbincang santai dengan Mbah Usrek dan ia berharap apa yang diucapkan sang Kepala Desa itu bisa menjadi pedoman dalam kesehariannya.

Jarak rumah Mbah Usrek dengan keberadaan aliran sungai tidak dekat dan lumayan jauh, yaitu kurang lebih sekitar 100 meter dan untuk menempuhnya, Si Mbah ini harus menghadapi jalanan yang cukup menghambat laju kakinya. Dengan adanya jamban dirumahnya, ia tidak lagi harus repot-repot naik turun menuju aliran sungai, untuk sekedar buang hajat. Terlebih bila hujan turrun, jalanan setapak yang dilaluinya sangat menghambat dan beresiko, selain ada genangan air juga licin. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Program Jambanisasi Dipastikan Membawa Dampak Positif Bagi Warga