Poktan Tani Sejahtera Desa Gayam – Bangsal Hasilkan Padi 7,5 Ha / Ton

 PETERONGAN (3)

Mojokerto,-  Aktivitas pendampingan bagi petani masih terus dilakukan Koramil Jajaran Kodim 0815/Mojokerto.  Kali ini Koramil 0815/10 Bangsal melalui Bati Tuud, Pelda M. Ilyas Mustofa bersama Poktan Tani Sejahtera melakukan panen padi di lahan sawah seluas satu hektar milik Sugiono dan Sulaiman, di Desa Gayam, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (19/03/18).

Di sela-sela kegiatan, Pelda M. Ilyas Mustofa mengatakan, hasil panen padi di area yang dikelola Poktan Tani Sejahtera ini terbilang cukup berhasil, terbukti dengan luas lahan satu hektar milik Sugiono dan Sulaiman ini mampu menghasilkan gabah 7,5 ton / hektar.

 Kita akan terus melakukan pendampingan ini, mulai dari masa pengolahan lahan hingga panen tiba.  Hal ini akan dilakukan secara berkelanjutan agar hasil panen meningkat sehingga petani akan lebih sejahtera,” ucapnya.

Sehari sebelumnya, Minggu (18/03) Babinsa Peterongan, Sertu Abdul Khoir, juga melakukan pendampingan panen padi di lahan sawah seluas 0,5 hektar milik Said, Poktan Bangun Karyo, Desa Peterongan.  Jenis padi varietas Ciherang tersebut mampu menghasilkan panen 3,65 ton, berarti dalam satu hektar mencapai 7,3 ton. Sementara harga gabah kering panen ada pada kisaran Rp 4.200,- hingga Rp 4.500,- dan harga gabah kering giling mencapai, Rp 5.500,- hingga Rp 5.800,-.

Di tempat berbeda, Danramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815/Mojokerto, Kapten Arh Anang Supriyanto saat dikonfirmasi mengatakan, dengan pendampingan yang rutin dilaksanakan oleh Babinsa bersama PPL, mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan masa panen, maka diharapkan dapat menghasilkan padi yang cukup baik dan terbilang berhasil.

“Walaupun ada kendala disana sini namun dengan keuletan para petani dan Poktan yang dibantu PPL dan Babinsa, semua dapat dicarikan solusi untuk mengatasinya,” tandasnya.  (Penrem 082/CPYJ).

Related For Poktan Tani Sejahtera Desa Gayam – Bangsal Hasilkan Padi 7,5 Ha / Ton