Petani Tuban Sambut Program Cerdastani

5

Tuban- Bertempat di  Desa Senori Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban dilaksanakan kegiatan tanam padi perdana oleh PT. Petrokimia Gresik dan PT. Jasindo dalam rangka Launching Program “Cerdastani”, Senin (23/07/2018).

Kegiatan ini di hadiri sekitar 300 orang, diantaranya Forkopimda Tuban,Wabup Tuban Ir. Noor Nahar Husein, Direktur Pembiayaan Kementerian PertanianSri Kuntarsih, Direktur Pemasaran PT. Petrokimia GresikMeinu Sadariyo, Direktur Operasional Retail PT. JasindoSahata L. Tobing, Kepala Dinas Pertanian TubanIr. Murtadji, Forkopimka Merakurak, Perwakilan Gapoktan Kab. Tuban dan Kepala desa sekecamatan Merakurak.

Diawali sambutan Direksi PT. Petrokimia Gresik, Meinu Sadariyo yang menyatakan bahwa, PT. Petrokimia Gresik (PG), anak usaha PT. Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan program peluncuran Cerdastani yang dilakukan oleh Dirut PT. PG Christijanto dan Direktur Operasi Ritel Asuransi Jasindo Sahata L Tobing.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan dan peluncuran Kartu Tani sebagai bentuk kolaborasi kedua BUMN mendukung Gerakan Peningkatan Produk. Acara dilanjutkan dengan penyerahanpupuk produksi PT.Petrokimia Gresik, yaitu NPK Phonska Plus, secara simbolis dan Polis serta klaim AsuransiUsaha Tani Padi (AUTP) kepada perwakilan petani.

Direktur Utama PT.Petrokimia Gresik (PG),Nugroho Christijanto menyatakan bahwa, program Cerdastani merupakan bentuk sinergi antara PG dan Asuransi Jasindo. “Program Cerdastani ini diniatkan untuk meningkatkan dan melindungi kinerja petani dari hulu ke hilir,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direksi PT. Jasindo,Sahata L. Tobing dalam sambutannya menjelaskan,program Cerdastani diluncurkan di 11 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Lamongan dan Tuban yang memiliki fitur unik yaitu kalender tanam dan kalkulator usaha tani.

“Sistem kalender tanam petani bisa mendapatkan perkiraan waktu tanam terdekat berdasarkan penanggalan. Bahkan petani juga bisa mengetahui potensi bencana dan hama yang kemungkinan terjadi pada tahun berjalan. Pada fitur kalkulator usaha tani, petani akan bisa memprediksi pendapatan mereka berdasarkan kebiasaan pengelolaan usaha tani mereka,” terangnya.

Sementara itu, Bupati TubanH. Fathul Hudaberharap dengan Program Cerdastani petani dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman dengan petani di daerahlain. “Semoga program ini dapat dicontoh oleh petani daerah lainnya. Karena program ini merupakan bentuk mitigasi terhadap risiko gagal panen yang terkadang menjadi momok bagi para petani,” harap Bupati Huda.

Huda berharap program ini tidak sekedar menawarkan produk, tetapi memberikan solusi bagi pertanian dan agroindustri di Indonesia ke depan. “Mudah-mudahan program ini bisa sejalan dengan apa yang saat ini sedang menjadi perhatian perusahaan, yaitu bahwa Petrokimia Gresik tidak sekedar menawarkan produk, tetapi memberikan solusi, tidak hanya bagi pertanian di Indonesia, ke depan juga akan dilaksanakan agroindustri di Indonesia,” harannya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Petani Tuban Sambut Program Cerdastani