Perkuat Poros Maritim, Satkorwil Banser Jatim Bentuk Pelatihan Khusus Baritim

1 (2)
TUBAN.  Guna Memperkuat kedaulatan Maritim, Satkorwil Barisan Serbaguna (Banser) Jawa Timur lakukan Pendidikan Dan Pelatihan Khusus (Diklatsus)  Barisan Maritim (Baritim) di Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jumat (17/11).
Ketua Pengurus Cabang (PC) Ansor Kabupaten Tuban, Syafiq Syauqi mengatakan, Diklatsus baritim perlu dilaksanakan karena laut memiliki potensi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Potensi laut yang ada memiliki kekayaan yang sangat besar bagi Indonesia.
“Indonesia merupakan Negara maritim, kita perlu mejaga kedaulatan laut yang menjadi kekayaan kita,” jelasnya.
Laut merupakan kekayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sehingga kekayaan kelautan harus kita memanfaatkan bersama untuk memberdayakan masyarakat pesisir, selain itu juga wajib menjaganya dengan melestarikan lingkungan di kawasan pantai.
Pasiter Dim 0811 Kapten Kav Suwito juga menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan, kemaritiman dan Undang-Undang kelautan, potensi masyarakat sekitar pesisir, pelestarian pantai dan sebagainya.
“Ini merupakan amanah organisasi, dimana diklatsus ini untuk pertama kalinya dilaksankan di Jawa Timur, kedepan akan terus dilakukan di beberapa lain di jawa timur,” jelasnya
Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda dalam sambutannya mengatakan, dengan acara ini dapat menambahkan ilmu baru bagi anggota banser. Banser merupakan ikon NU, maka menjadi anggota banser harus patut bangga dan bersyukur. Karena dengan bangga akan mencintai profesi sehingga dapat bekerja dengan maksimal.
“Banser sebagai pengamanan setiap kegiatan yang dilakukan NU. Sehingga anggota banser harus siap dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan,” jelasnya.
Selain itu, banser diharapkan mampu menguasai di segala bidang, sehingga selalu siap dalam segala situasi dan kondisi. Setidaknya tiga hal yang harus dimiliki seorang banser, yakni disiplin, keihlasan yang dimiliki para ulama dan kyai, kebersamaan. Karena banser milik NU yang mempunyai ciri tasamuk.
“Tiga karakter inilah yang harus dimiliki banser dan Insya Allah akan menjadi orang yang sempurna. Banser harus memiliki ilmu yang muliti talenta dan selalu siap bila diberikan amanah,” tegasnya. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Perkuat Poros Maritim, Satkorwil Banser Jatim Bentuk Pelatihan Khusus Baritim