Penghijauan Awal Tahun Kodim 0814 Jombang

1 (3)(1)

JOMBANG. Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan menanam tanaman. Salah satunya ialah ketepatan dalam membaca musim dan cuaca. Perlu ketahui bahwa setiap tanaman sebenarnya memiliki musim dan cuaca ideal masing-masing. Ada tanaman yang cocok ditanam saat musim kemarau dan ada tanaman yang cocok ditanam di musim hujan. Selain itu ada juga beberapa tanaman yang cocok ditanam di musim peralihan.

Bagi Indonesia umumnya sudah mengenal dengan baik musim tanam di daerahnya masing-masing. salah menentukan tanaman pada suatu musim bisa berakibat fatal yaitu gagal tumbuh. Dengan datangnya musim penghujan seperti saat ini, Kodim 0814 Jombang tidak mau bersepekulasi tentang tanam pohon untuk penghijauan, seperti yang terlihat di kanan kiri jalan provinsi Ngoro- Kandangan, jumat 4 januari 2019.

Dengan adanya Pemanasan global yang menyebabkan siklus pergantian musim  menjadi sulit diprediksi. Fakta nyata dari pemanasan global ini ditandai dengan musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dan curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir.

Aksi nyata yang dapat mencegah memburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global adalah dengan memelihara dan menjaga lingkungan alam saat ini. Berbagai konsep pemeliharaan lingkungan dibentuk oleh organisasi internasional dan juga komunitas di dalam negeri. Aksi nyata yang dapat dilakukan adalah penghijauan lingkungan seperti yang dilakukan Personil Kodim 0814 Jombang melaksanakan penghijauan di kanan kiri ruas jalan propinsi yang ada di wilayah Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro  Kab. Jombang.

Penanaman pohon Mahoni dilaksanakan dengan jumlah 150 pohon yang melibatkan Pembantu UPT PJJ (Pengamat Jalan dan Jembatan) Jombang dan masyarakat sekitar. “ Kegiatan ini dirasa sangat tepat sehubungan musim hujan yang sudah turun sehingga cocok untuk melaksanakan penanaman dengan harapan ke depan akan memberikan manfaat untuk penghijauan dan pelestarian lingkungan,” ujar Kapten Arh Ngatimin selaku Danramil 0814/14 Ngoro.

Disamping untuk penghijauan, kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai wahana untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara anggota Kodim 0814 Jombang dengan seluruh komponen masyarakat Jombang. (Penrem 082/CPYJ).

 

 

Related For Penghijauan Awal Tahun Kodim 0814 Jombang