Pendampingan Babinsa Dalam Penanggulangan Hama Pada Tanaman Padi

1(2)
Lamongan.   Pendampingan Babinsa Koramil 0812/10 Babat Sertu Kodir  kepada Kelompok tani Bina Insani dalam mengatasi hama tanaman padi dengan melakukan penyemprotan lahan sawah milik Bapak Sumarto Desa Keyongan Kecamatan Babat .Selasa (02/01/2017)
 
Kegiatan pendampingan dalam rangka penyemprotan hama tanaman padi bersama PPL pertanian di lahan seluas 0,5 ha jenis padi Ciherang. Penyemprotan ini dilakukan untuk membasmi hama, blast dan memberikan kesuburan terhadap batang padi.
Bapak Totok (PPL) juga menjelaskan kepada petani cara melakukan penyemprotan hama. Membasmi penyakit dan obat yang digunakan untuk membasmi berbagai jenis hama yang menyerang tanaman padi.
 
Lanjut Bapak Totok , proses penyemprotan pengendalian hama tersebut sebagai antisipasi dan pengawasan terhadap serangan hama. Proses penyemprotan pada tanaman juga harus terjadwal dilakukan petani. Dinas Pertanian menganjurkan agar penyemprotan dilakukan pada pagi hari dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
 
“Penyemprotan harus dilakukan padi sedangkan untuk sore penyemprotan dilakukan. Apabila jadwal penyemprotan tidak dilakukan pada waktu ini maka penyemprotan yang dilakukan petani hanya merusak tanaman padi saja,” kata PPL Bapak Totok
 
Menurutnya” pihak Dinas Pertanian siap membantu petani dan akan turun ke lapangan jika ada keluhan-keluhan masyarakat soal pembasmian hama. “Apabila ada keluhan petani bisa juga langsung menghubungi Babinsa pendamping dan juga badan penyuluhan kecamatan (BPK) untuk membasmi hama tanaman padi. (Penrem 082/CPYJ)

Related For Pendampingan Babinsa Dalam Penanggulangan Hama Pada Tanaman Padi