Pemkab Bojonegoro Beri Pembinaan Kelompok Kadarkum Di Lokasi TMMD

1
BOJONEGORO, –     Sebagai upaya untuk mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik, bagi setiap anggota masyarakat dan Aparatur Desa, Kodim 0813 Bojonegoro bekerja sama dengan Bagian Hukum dan Perundang-Undangan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengadakan kegiatan pembinaan Kelompok Keluarga Sadar Hukum (KADARKUM), Rabu (11/10/2017).
 
Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur tersebut, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0813 Bojonegoro. Dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli dibidangnya, diantaranya Sri Hartini dan Faisal Ahmad dari Setda Pemkab Bojonegoro.
 
Selaku pemateri, Sri Hartini mengatakan tujuan pembinaan ini adalah agar masyarakat menyadari, serta menghayati hak dan kewajibannya. Sekaligus juga untuk mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh dan taat terhadap hukum demi tegaknya supremasi hukum dan perlindungan hak asasi manusia, baik itu dalam lingkungan keluarga ataupun dalam kehidupan bermasyarakat.
 
“Sebagaimana kita ketahui dalam berbagai berita di media cetak, maupun media sosial, akhir-akhir ini perilaku masyarakat dinilai jauh dari kesadaran akan hukum dengan banyaknya kasus-kasus kriminal disertai kekerasan dan perilaku menyimpang serta melawan hukum yang mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini cukup memperihatinkan dan memerlukan solusi yang tepat agar tidak menghambat proses pembangunan, baik pembangunan fisik material maupun pembangunan mental spiritual,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Ketua PKK Desa Meduri Endang Sulistyowati Spd, mengharapkan dalam pelaksanaan KADARKUM tentu harus didukung oleh semua elemen masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat serta dalam tatanan Pemerintah Desa.
Menurutnya, melalui momentum sosialisasi KADARKUM dalam mendukung program TMMD ke-100 Kodim 0813 Bojonegoro, ini adalah saat yang tepat bagi kita semua, untuk kembali melakukan introspeksi diri dan melakukan evaluasi terhadap berbagai upaya menumbuhkan kesadaran hukum di tingkat keluarga, masyarakat, dan mengimplementasikannya dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
“Saya yakin, apabila kesadaran akan hukum yang dimulai dari kalangan keluarga meningkat, maka hukum dapat ditegakkan dalam setiap aspek kehidupan dan mendukung percepatan pencapaian kesejahteraan masyarakat Desa Meduri,” jelasnya. (Penrem 082/CPYJ )

Related For Pemkab Bojonegoro Beri Pembinaan Kelompok Kadarkum Di Lokasi TMMD