Pembinaan Dan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan III TA. 2017 Dibuka Dandim 0815 Mojokerto

3(3)
MOJOKERTO.         Upaya untuk meningkatkan kualitas dan kesiapan Prajurit sehingga lebih optimal dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat terus dilakukan Kodim 0815 Mojokerto, kali ini melalui kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan III TA. 2017 yang digelar di  Ruang Pertemuan Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, , Kamis (03/08/2017).
 
Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji, saat membuka kegiatan menegaskan, sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, bahwa Angkatan Darat bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter). 
 
Untuk mendukung kegiatan Binter tersebut, lanjut Dandim, harus didukung oleh kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia, untuk itu diperlukan upaya Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) yang dilaksanakan setiap triwulan dalam setiap tahun anggaran.      
 
Dengan adanya kegiatan peningkatan kemampuan Binsiap Apwil dan Puanter ini maka diharapkan ilmu yang diberikan narasumber disimak, pahami dan dicermati, bila kurang jelas tanyakan, sehingga dapat diterapkan saat pelaksanaan tugas di lapangan.
 
Tidak kalah penting, lanjut Dandim, agar seluruh Babinsa mengikuti setiap perkembangan situasi di wilayah dan melaporkan hasilnya sesuai hierarki, jangan sampai kecolongan.  Masih kata Dandim, bersikap bijaklah dalam menggunakan media sosial jangan mudah men-share berita tanpa konfirmasi terlebih dahulu karena saat ini banyak beredar berita hoax.
 
Kegiatan dilanjutkan pemberian materi, diantaranya Sikap Teritorial oleh Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Suparno, Metode Binter oleh Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto, Penanggulangan Bencana Alam oleh Danramil 0815/11 Pungging Kapten Inf Mujiono, Ketahanan Nasional oleh Pabungdim 0815 Mojokerto Mayor Arm Imam Duhri dan materi Terorisme oleh Pasi Inteldim 0815 Kapten Inf Heru Widodo CP.
 
Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut juga dihadiri Pasi Komsos Ster Rem 082/CPYJ Mayor Inf MJ Arifin selaku Tim Wasev, yang menyampaikan, kegiatan ini harus dilaksanakan secara maksimal karena sudah program dari Komando Atas dan untuk produk harus sesuai dengan format atau  Juknis yang telah ditentukan.
 
Sementara itu, Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, saat apel pengecekan menekankan agar semua yang terlibat dalam kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter melaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan simak apa yang akan diajarkan oleh pemberi materi.
Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 200 orang, antara lain Pasi Terdim 0815 Kapten Arh Supriyono, para Gumil 5 orang, penyelenggara dan pendukung 5 orang dan para Pelaku dari Babinsa Jajaran Kodim 0815 sejumlah 188 orang. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Pembinaan Dan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan III TA. 2017 Dibuka Dandim 0815 Mojokerto