Partisipasi Masyarakat Turut Menentukan Kesuksesan Pembangunan

1 (2)(1)KEDIRI. Bukan hanya sekedar slogan keberadaan TMMD eksis ditengah-tengah masyarakat, tetapi benar-benar diwujudkan melalui berbagai agenda fisik dan non fisik di Desa Blimbing dan Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Danrem 082 Kolonel Arm Budi Suwanto menyorot betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam setiap agenda. senin (15/10/2018)

Terkait rehabilitasi infrastruktur yang menyentuh langsung masyarakat, khususnya renovasi RTLH (renovasi rumah tidak layak huni), ia meyakini ada sumbangsih besar melalui gotong royong. Warga dikedua desa tersebut diyakini masih memiliki tradisi gotong royong dan secara turun temurun hingga saat ini, hal itu masih berlaku.

“Untuk renovasi RTLH, kita sangat berharap partisipasi masyarakat dalam bergotong royong. Semakin banyak masyarakat yang ikut ambil bagian dalam gotong royong ini, maka semakin cepat penuntasannya,” tutur Kolonel Arm Budi Suwanto.

Renovasi RTLH, ia menilai sangat menyentuh sekali pada kebutuhan masyarakat setempat, terutama bangunan-bangunan rumah yang memang kurang sesuai dari sudut pandang manapun.

Peran masyarakat, menurutnya sangat dominan dalam menentukan kesuksesan TMMD, salah satunya renovasi RTLH ini, dan ia juga menyatakan terima kasih atas peran Ketua RT, Ketua RW maupun perangkat desa yang mendorong atau mengajak warganya untuk berpartisipasi. Durasi waktu penuntasan, juga sangat menentukan ketepatan pelaksanaan TMMD dan tentunya bukan hal mustahil, semua bisa berjalan lebih cepat dari target sesuai perencanaan.

“Mudah-mudahan, dengan adanya TMMD di desa ini, tradisi gotong royong tetap terpelihara. Mungkin, target penuntasan bakal lebih cepat dari target perencanaan, andaikata partisipasi masyarakat cukup besar,” ujarnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Partisipasi Masyarakat Turut Menentukan Kesuksesan Pembangunan