Muktiningsih Terharu, Rumahnya Telah Selesai Dibangun TNI

5(1)

Tuban.-         Tampak sumringah raut wajah Muktiningsih (54) melihat rumahnya di Dusun Tunah RT.03 RW.09 Desa Tunah Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, diperbaiki lewat program perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH).

Sebelum diperbaiki, rumah yang dihuninya bersama tiga anaknya ini berdinding bambu dan berlantai tanah. Kini, ia senang bangunan rumahnya sudah berubah. Rumah berukuran  6 x 7 meter itu kini telah berdinding batu bata, dan lantainya sudah disemen.

“Dulu ya rumah itu seperti kandang sapi, dinding anyaman bambu. Syukur alhamdulillah sekarang sudah berubah menjadi bagus, karena dibagun oleh Tentara,” kata janda tiga anak ini saat ditemui dirumahnya, Jumat (18/5/2018).

Sudah sejak lama ia ingin memperbaiki rumahnya. Tapi apa daya, penghasilan yang tak menentu hasil kerja sebagai buruh tani menjadi penghalang. Penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sekarang rumah sudah dibangun bagus, senang, seperti mimpi. Yah, namanya hidup kan kalau punya tempat tinggal nyaman maka hidup jadi tenang,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Danramil 0811/03 Semanding, Kapten Inf Mahmud mengatakan, satu upaya penurunan angka kemiskinan di Tuban adalah perbaikan RTLH melalui bantuan sosial. Karena RTLH merupakan salah satu indikator kemiskinan.Mahmud juga menjelaskan, pengerjaan renovasi RTLH dilakukan dengan gotong royong oleh masyarakat sekitarnya, babinsa dan tenaga tukang.
Ia berharap, hubungan antar warga maupun dengan TNI tetap terjalin dengan baik. Sehingga, pemberdayaan masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan dapat berjalan dengan baik.

“RTLH ini untuk warga miskin dan tidak mampu memiliki rumah yang sehat dan layak huni, sehingga diharapkan bisa memiliki rumah yang sehat dan layak untuk ditempati,” ungkap Danramil 03 Semanding Kapten Mahmud.  (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Muktiningsih Terharu, Rumahnya Telah Selesai Dibangun TNI