Monitoring Dan Evaluasi Kesiapan Satlinmas Jelang Pilkada

1

KEDIRI. Ratusan anggota Satlinmas Kecamatan Pesantren ,berkumpul di balai Kelurahan Bangsal dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak, dengan mengikuti sosialisasi “Monitoring dan Evaluasi Kesiapan Satlinmas”. Tampil sebagai nara sumber, Kasat Binmas Polresta Kediri AKP Kus Sumardi, Danramil Pesantren Kapten Arm Nur Solikin, Kapolsek Pesantren Kompol Nursyiana, Camat Pesantren Eko Lukmono Hadi dan Kasatpol PP Kediri Ali Mukhlis, Kamis (03/05/2018).

Diawal sosialisasi, Ali Mukhlis menjelaskan bagaimana peran Satlinmas sangat dominan, ketika Pilkada berlangsung, termasuk di Kediri, dan ia sangat bangga atas sumbangsih Satlinmas dalam menjaga keamanan sebelum, saat serta sesudah Pilkada.

“Kondisi terkini pasca masa kampanye Pilkada, di Kediri relatif kondusif, tidak ada gesekan ataupun kontra antar pendukung. Ia berharap, situasi akan terus berlangsung hingga berakhirnya Pilkada, sekaligus menjadi kesuksesan tersendiri bagi seluruh warga Kediri yang mengedepankan keamanan dan ketertiban di masa Pilkada,” kata Kompol Nursyiana menanggapi situasi kamtibmas di Kediri.

Berdasarkan data yang terangkum dilapangan, ada 15 PPS yang tersebar se-Kecamatan Pesantren dan 150 TPS yang tersebar di 15 kelurahan. Tercatat ,61.096 orang terdaftar sebagai pemilih pada pilkada mendatang, dengan rincian 30.139 pemilih laki-laki dan 30.957 pemilih perempuan. Sedangkan untuk kekuatan pengamanan dari Satlinmas se-Kecamatan Pesantren, tercatat 347 orang, yang menempati posisinya masing-masing, 300 orang di TPS-TPS, 42 orang di PPS dan 5 orang di PPK.

“Terkait posisi Satlinmas yang cukup strategis, saya mengingatkan seluruh Satlinmas untuk hati-hati dalam bertindak, terutama saat mengawal kotak suara dari PPS ke TPS atau sebaliknya. Disamping itu, perlunya sikap tegas Satlinmas dalam menindak oknum-oknum yang melakukan kekacauan atau kerusuhan di TPS-TPS, tetapi tindakan tersebut harus bersifat preventif, bukan berdasarkan main hakim sendiri,” ujar Kapten Arm Nur Solikin.

Sementara itu, AKP Kus Sumardi menjelaskan seputar fungsi Satlinmas ketika pemungutan suara berlangsung hingga pengawalan kotak suara. Selain itu, ia menghimbau kepada seluruh Satlinmas yang terlibat dalam pengamanan Pilkada mendatang, agar tidak bertindak sesuai buku saku pedoman pengamanan yang sudah dibagikan.

Sebelumnya, secara beranting ,Kasat Binmas Polresta Kediri, Danramil Pesantren, Kapolsek Pesantren, Camat Pesantren dan Kasatpol PP Kediri, menyerahan secara simbolis komisi Satlinmas serta buku saku panduan pengamanan. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Monitoring Dan Evaluasi Kesiapan Satlinmas Jelang Pilkada