Membuka Jendela Informasi TMMD Lewat Media Yang Kredibel

1 (2)(3)KEDIRI. Media publik bagi Penrem 082 sangatlah penting, karena tanpanya, segala aktifitas yang berhasil didokumentasikan ,hanya akan menjadi sekumpulan dokumenter foto atau video tanpa arti, alias sekedar koleksi saja. di Desa Blimbing dan Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, menjadi sorotan Penrem 082, tidak lepas dari latarbelakangnya yang berkecimpung di dunia peliputan. jumat (19/10/2018)

Menurut Kapenrem 082 Mayor Caj Chandra Yuniarti, foto tanpa berita hasilnya adalah nol ,tetapi berita tanpa foto masih ada hasilnya, karena masih bisa diilustrasikan. Setiap pengambilan foto tanpa transkrip yang jelas atau tanpa ada sama sekali transkrip, sama halnya suatu pengambilan dokumentasi yang sia-sia alias tiada guna. Dan inilah yang menjadi rumus utamanya dalam pengambilan setiap dokumentasi dilapangan, baik berupa foto ataupun video.

Seluruh dokumentasi, entah itu foto atau video, selalu ada transkrip disampingnya dan transkrip itu sendiri termuat informasi segala hal yang terkait dengan foto maupun video itu. Dari transkrip itulah, suatu berita dibuat dan dijadikan sarana publikasi segala aktifitas TMMD, khususnya di Desa Blimbing.

Media publik, Mayor Caj Chandra Yuniarti tidak mau asal-asalan, khusus untuk video, Penrem 082 mempublikasikannya lewat media sosial Youtube dan gambaran singkat, dipublikasikan lewat media sosial Facebook. Sedangkan kumpulan foto yang terfokus dari moment-moment selama semua aktifitas berjalan, dipublikasikan lewat media sosial Instagram.

Khusus publikasi berita, ia tidak mau hanya sekedar mampang di mesin pencari Google atau ekspose ala kadarnya lewat Blogspot, WordPress atau sejenisnya. Baginya, seluruh rilis berita harus dipublikasikan melalui media publik, dalam hal ini pengertian secara simpel adalah media yang berbasis jurnalis profesional, dimana media tersebut jelas mencantumkan siapa redaksinya dan siapa jurnalisnya, serta berita yang termuat dalam media tersebut ditulis para jurnalis profesional atau wartawan.

Media publik ,disinilah posisi seluruh pemberitaan yang nantinya dipublikasikan, karena dengan media yang kredibel, secara otomatis segala aktifitas TMMD dapat diketahui secara luas oleh publik.

“Kita fokus pada media publik, karena disitulah publik menyorot dan disitu juga ada jendela informasi. TMMD butuh publikasi dan butuh publik untuk mengetahuinya,” ungkapnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Membuka Jendela Informasi TMMD Lewat Media Yang Kredibel