Masa Panen Tiba, Babinsa Bersama BPP Mojoanyar Lakukan Pengubinan

 5

MOJOKERTO   Pos Ramil Mojoanyar Kodim 0815 Mojokerto terus melakukan pendampingan terhadap petani yang ada di wilayah binaannya.  Seperti Babinsa Lengkong Pos Ramil Mojoanyar Sertu Suratin melaksanakan pendampingan kegiatan pengubinan terhadap Poktan Podo Rukun 1 Dusun Kangkungan Desa Lengkong Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (05/01/2018).

Kegiatan pendampingan pengubinan ini, dilakukan bersama-sama dengan Koordinator Punyuluh Pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Mojoanyar Supramonorini, SP., beserta Anggota PPL Shinta Nirmalasari, SP, Dony Kusmianto, SP, Sodi, SP, Rouful, SP dan Agus, SP., di lahan milik Pak Kamat Poktan Podo Rukun 1 Dusun Kangkungan Desa Lengkong, Mojoanyar.

Pengubinan yang dilakukan di lahan Poktan Podo Rukun 1 dengan varietas IR-64 ini seluas 2, 5 meter x 2,5 meter dari luas secara keseluruhan sekitar 0,17 Ha.  Usai pengubinan, diperoleh hasil antara lain jumlah anakan : 21, 27, 24, 19, luas ubinan : 2,5 meter x 2,5 meter,  panjang malai : 26, 26, 27, jumlah bulir : 109, 112, 130,  jumlah rumpun : 12 x 13 = 156,  Berat Ubinan : 3,78 Kg,  dalam 1 Ha : 6.040 Kg atau 6.04 ton, Harga GKP : Rp 5.500,- dan Harga GKG : Rp 6.600,- .

Danpos Ramil Mojoanyar yang diwakili Sertu Suratin, mengatakan, pada musim panen kali ini Poktan Podo Rukun 1 Dusun Kangkungan Desa Lengkong dapat menikmati hasil panen dengan maksimal, kualitas dan kuantitas panen sangat memuaskan, dan kebetulan saat panen ini harga gabah masih tinggi.  Hama padi di areal pertanian yang dikelola Poktan Podo Rukun sangat minim dibanding tahun kemarin yang sempat gagal panen.  Kegiatan pendampingan ini juga, merupakan upaya khusus untuk swasembada pangan di wilayah, ujarnya.

Sementara Ketua Poktan Podo Rukun Suwiyono yang didampingi Pak Kamat beserta anggota Poktan lainnya, mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil panen kali ini yang lebih baik dari panen sebelumnya. “Kita juga sangat bersyukur dengan hasil panen kali ini, anggota Poktan juga sangat berterima kasih kepada Babinsa yang selalu mendampingi para petani dalam segala kegiatan, semoga kebutuhan pangan kita selalu terpenuhi”, ucapnya. (Penrem 082/CPYJ)

Related For Masa Panen Tiba, Babinsa Bersama BPP Mojoanyar Lakukan Pengubinan