Mahasiswa Peserta KKN Sesak Nafas,Tim Keslap Satgas TMMD Gerak Cepat Bantu Evakuasi

Evakuasi (1)

MOJOKERTO.         Seorang Mahasiswi FE Universitas Kristen Petra Surabaya asal Ambon, Septiany Isminida Julian Paais (21) yang sedang melaksanakan KKN di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, saat beraktivitas mendadak mengalami gangguan pernafasan dan hendak dirujuk ke Puskesmas terdekat.

Melihat kondisi tersebut, anggota Satgas TMMD Reguler Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto bersama warga berupaya mengevakuasi untuk selanjutnya di bawa ke Puskesmas Jatirejo dengan menggunakan Ambulance Tim Keslap Denkesyah 05.04.02 yang tergabung dalam Satgas TMMD, Kamis (19/07/2018) sore.

Dua anggota Satgas TMMD Kodim 0815 Mojokerto Sertu Abdul Somad dan Sertu Gendut Haryadi yang saat itu sedang beraktivitas rutin, langsung bergegas memberikan pertolongan dan mengevakuasi  Septiany ke Puskesmas Jatirejo.

Pantauan di lapangan, sekitar pukul 09.00 hingga jam makan siang, mahasiswa/mahasiswi Universitas Kristen Petra melaksanakan orientasi wilayah dan tahapan adaptasi lingkungan dengan aparat Desa Jembul, kemudian para mahasiswa tersebut dibagi dalam beberapa kelompok penugasan, meliputi sasaran fisik dan non fisik.

Usai istirahat, sekitar pukul 13.00, Septiany dan beberapa mahasiswa menuju lokasi sasaran fisik di tempat wisata Kolam Renang Atas Awan dengan berjalan kaki, yang lokasinya di ujung bukit dan akses jalan menanjak, terjal dan medan cukup berat.

Sebelum aktivitas berlanjut, Pihak Pendamping Mahasiswa, Cecilia menanyakan kondisi Septiany  karena mempunyai riwayat sakit asma. Saat itu Septiany mengaku sehat dan kondisi fisiknya mampu mengikuti kegiatan.  Namun saat di perjalanan, tiba-tiba Septiany mengalami sesak nafas dan diduga asmanya kambuh, sehingga pendamping mahasiswa dan ketua kelompok menghentikan perjalanan dan meminta tolong warga untuk membantu membawa Septiani ke Posko Kesehatan Satgas TMMD.

Sertu Abdul Somad Petugas Piket Tim Kesehatan Lapangan (Keslap) Satgas TMMD dengan didampingi anggota Satgas lainnya Sertu Gendut Haryadi dan Sertu Suharno, langsung memberikan pertolongan pertama bantuan pernafasan dengan tabung oksigen dan selang 30 menit kemudian, kondisi Septiany berangsur pulih dan membaik.

Babinsa Jembul Koramil Jatirejo Serma Agus Siswandi melaksanakan koordinasi dengan koordinator dan pendamping KKN mahasiswa dari UK Petra terkait tindakan medis lanjutan yang harus dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri Septiany, karena yang bersangkutan mempunyai riwayat penyakit asma.

Hasil koordinasi diputuskan untuk tindakan kesehatan lanjutan, sehingga Piket Keslap Satgas TMMD bersama Koordinator Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya membawa Septiani ke Puskesmas Jatirejo.

Pihak Koordinator Mahasiswa, Cecilia, mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Satgas TMMD yang telah membantu mengevakuasi Septiany ke Puskesmas Jatirejo, dan mendoakan semoga keberadaan Satgas TMMD akan memberikan manfaat bagi warga masyarakat, ungkapnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Mahasiswa Peserta KKN Sesak Nafas,Tim Keslap Satgas TMMD Gerak Cepat Bantu Evakuasi