Linmas Desa Betro Mendapat Pelatihan Dari Babinsa & Bhabinkamtibmas

2(1)
MOJOKERTO.       Babinsa Betro Koramil 0815/06 Kemlagi Serka Ahmad Jamik dibantu Serda M. Aruman,  bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Arif memberikan pelatihan kepada Linmas Desa Betro bertempat di Balai Desa Betro Kecamatan kemlagi Kabupaten Mojokerto, Jatim, Minggu (17/12/2017).
Kegiatan pelatihan mengusung tema “Meningkatkan Kapasitas Ilmu Keamanan Lingkungan Dan Pendidikan Baris Berbaris (PBB) Serta Kedisiplinan Anggota Linmas” dibuka oleh Kepala Desa Betro Sutrikno yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang secara sadar dan ikhlas turut bergabung dalam Linmas di Desa Betro. Keberadaan Linmas ini untuk membantu  keamanan internal desa demi terciptanya keamanan di seluruh wilayah Desa Betro, ucapnya.
Senada dengan Kades, Camat Kemlagi Tri Cahyo Hariyanto, S.Sos menegaskan terbentuknya Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), maka segala yang berhubungan dengan Kamtibmas akan selalu terjaga, untuk itu anggota Linmas harus diberdayakan, dibekali dengan kemampuan dan keterampilan lainnya.
Berikutnya dilaksanakan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh Babinsa Desa Betro Serka Ahmad Jamik dibantu Serda M. Aruman. Sebelum memberikan materi PBB, Serka Ahmad Jamik menyampaikan, Linmas harus siap digerakan sewaktu-waktu apabila diperlukan untuk membantu aparat desa.  Dalam pelaksanaan kegiatan, lanjut Babinsa, Linmas harus selalu koordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas terlebih bila ada suatu permasalahan.  Selanjutnya Serka Ahmad Jamik dengan dibantu Serda M. Aruman memberikan materi PBB meliputi gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan
Sementara dari Bhabinkamtibmas Aiptu Arifmenyampaikan tentang tugas dan fungsi Linmas diantaranya melindungi masyarakat, menjaga ketertiban dan keamanan desa dengan selalu mengutamakan Pam Swakarsa, turut berperan dalam segala kegiatan pengamanan di desa, harus selalu monitor dan peka terhadap warga baru di desa dan Linmas harus bisa membangkitkan kembali kegiatan Pos Kamling.
Dalam kesempatan lain, Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi mengatakan, Babinsa selaku unsur pelaksana dalam Pembinaan Teritorial salah satunya melalui pelaksanaan penyuluhan kesadaran bela negara bagi Satuan Linmas dan masyarakat di wilayah binaan.  “Pelatihan Linmas ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas Linmas selaku Pengamanan Swakarsa demi menciptakan terwujudnya Kamtibmas di Desa”, ucapnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 70 orang, antara lain Sekdes Betro beserta Perangkat Desa dan peserta pelatihan dari anggota Linmas Desa Betro terdiri dari 35 orang pria dan 25 orang wanita.  (Penrem 082/CPYJ ).
 

Related For Linmas Desa Betro Mendapat Pelatihan Dari Babinsa & Bhabinkamtibmas