Lewat Wawasan Kebangsaan, Siswa Siswi SMKN 1 Kediri Digembleng Cinta Tanah Air

CINTA TANAH AIR

Kediri. SMKN 1 Kota Kediri bersama Koramil Mojoroto mengadakan outbond yang diadakan di lapangan Sukorame, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Outbond ini diikuti ratusan siswa siswi kelas 10 SMKN 1 Kota Kediri. kamis (14/3/2019)

Sebelum outbond dimulai, Bati Tuud Koramil Mojoroto Peltu Suharno, sekaligus pengawas kegiatan tersebut, menyampaikan wawasan kebangsaan dengan durasi sekitar 30 menit. Wawasan kebangsaan bertema “Cinta Tanah Air dan Bangsa”, mengajak seluruh siswa siswi untuk mengetahui bagaimana perjuangan para pahlawan merebut hingga mempertahankan kemerdekaan.

Bukti sejarah dari perjuangan merebut maupun mempertahankan kemerdekaan, salah satunya berupa Taman Makam Pahlawan. Selain itu, ada museum-museum yang menunjukkan benda-benda bersejarah peninggalan ketika para pahlawan berupaya berjuang demi bangsa dan negara.

“Bukti sejarah para pahlawan kita, bisa dilihat adanya Taman Makam Pahlawan. Lalu ada museum-museum yang menunjukkan benda-benda bersejarah saat perjuangan para pahlawan merebut hingga mempertahankan kemerdekaan,” jelas Peltu Suharno.

Dikatakan Peltu Suharno, perjuangan tidak lepas dari pengorbanan, dan banyak para pahlawan yang gugur saat pertempuran. Menurutnya, mereka berjuang dengan meninggalkan istri dan anaknya demi terwujudnya kemerdekaan.

“Saya harap, adik-adik selalu ingat dan ingat, bagaimana perjuangan para pahlawan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Para pahlawan kita berjuang dengan meninggalkan istri dan anaknya demi terwujudnya kemerdekaan,” sambung Peltu Suharno.

Ia berpesan, agar seluruh siswa siswi selalu mengingat pengorbanan para pahlawan, dan membalasnya dengan prestasi, baik prestasi di sekolah maupun di lingkungan rumah masing-masing.

“Perjuangan itu tidak lepas dari pengorbanan. Bagaimana adik-adik membalasnya, yaitu dengan prestasi,” kata Peltu Suharno.

Masih ditempat yang sama, Yola, siswi kelas 10, yang berdomisili di Kelurahan Banjaran, Kecamatan Kota, mengaku sangat senang bisa berkumpul di lokasi yang terletak di lereng Gunung Klotok. Ia yakin, dengan keikutsertaannya dalam outbond ini, ada nilai plus atau positif bagi dirinya.

Senada hal itu, Noval, siswa kelas 10, yang berdomisili di Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngadiluwih, ada nuansa berbeda saat berada di sekolah dibanding saat berada di lapangan untuk bermain lewat outbond. Menurutnya, pikirannya lebih fresh ketika melakoni semua permainan di outbond ini, dan ia sangat bangga bisa bersama-sama prajurit TNI yang melatih atau membinanya saat ini. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Lewat Wawasan Kebangsaan, Siswa Siswi SMKN 1 Kediri Digembleng Cinta Tanah Air