Layanan Kesehatan Ternak Kambing Bantuan TMMD

 1 (3)

MOJOKERTO.   Para Petani Kambing yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Ternak Mendo Joyo Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur sangat berbahagia, karena hewan ternak bantuan TMMD yang diterimanya mendapat layanan kesehatan.  Dalam TMMD Ke-102 Tahun 2018 ini, Kelompok Ternak Mendo Joyo mendapat bantuan kambing sejumlah 42 ekor dengan rincian 40 ekor kambing betina dan 2 ekor pejantan.

 Hal ini disampaikan Pasiter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono, saat di lokasi TMMD, Minggu (29/07/2018) sore tadi.  Pelayanan kesehatan terpadu berupa pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin pada kambing yang berlangsung di kandang kambing Poktan Ternak Mendo Joyo, yang berlokasi di tepi hutan Lereng Gunung Semar, tidak jauh dari Coban Kabejan.

 Kegiatan pelayanan kesehatan terpadu yang diselenggarakan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, sejatinya sudah berlangsung mulai Selasa lalu.  Saat itu Tim Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan Provinsi Jatim, drh. Andika bersama Tim Yankes Hewan dari Distan Kabupaten Mojokerto, drh. Tuti beserta lima orang.

 Untuk memaksimalkan keterampilan para peternak kambing tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto melalui Kepala Seksi Produksi dan Budidaya Peternakan Ir. Siti Harini, MM., telah memberikan penyuluhan dan pelatihan Budidaya Ternak Kambing bagi Kelompok Ternak Mendo Joyo selaku penerima bantuan kambing masyarakat miskin (Maskin), jelas Pasiter.

 Masih lanjut Pasiter, pemberian layanan kesehatan terpadu tersebut tidak hanya bagi Poktan Ternak Mendo Joyo, namun dilakukan juga bagi peternak kambing perorangan, yakni Mulyono (47),  Warga RT 02 RW 01 Desa Jembul, yang memiliki kambing sejumlah 11 ekor.

 Sasaran pelayanan kesehatan hewan terpadu ini, meliputi pemeriksaan kesehatan kambing, pemberian vaksin, vitamin, obat cacing usus dan obat perangsang makanan. Pencatatan hasil pemeriksaan awal ini,sebagai bahan evaluasi saat pelayanan kesehatan hewan periode mendatang, tandasnya.

 Selain memberikan layanan kesehatan ternak, Tim Keswan juga memberikan kiat-kiat beternak kambing untuk mencapai hasil optimal, imbuhnya.

 “Semua yang dilakukan pemerintah melalui Program TMMD ini, baik pelatihan, penyuluhan dan pelayanan kesehatan ternak, untuk memberdayakan para peternak kambing baik yang tergabung dalam kelompok ternak maupun perorangan, sehingga mampu beternak dengan baik dan dapat menambah pendapatan,” pungkas pria kelahiran Jetis Mojokerto.    (Penrem 082/CPYJ).

Related For Layanan Kesehatan Ternak Kambing Bantuan TMMD