Latih Kemampuan Fisik, Kodim 0815 Mojokerto Gelar Ketahanan Mars Di Minggu Militer

 HANMARS (5)

MOJOKERTO,  – Guna menjaga, memelihara dan melatih kemampuan fisik, personel militer dan PNS/ASN Kodim 0815 Mojokerto mengisi minggu militer dengan kegiatan Ketahanan Mars (Hanmars) yang mengambil Start dan Finish di Lapangan Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (27/09/2018).

Sejumlah 276 personel turut serta dalam kegiatan tersebut, antara lain Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, Para Danramil Jajaran Kodim 0815 dan Perwira Staf Kodim 0815, personel militer dan PNS Makodim 0815 serta Koramil Jajaran Kodim 0815.

Kegiatan Hanmars dalam rangka Minggu Militer bulan ketiga pada triwulan tiga Tahun Anggaran 2018 diawali dengan apel pengecekan personel dipimpin Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf Sumiarso.

Dalam penekanannya, Kapten Inf Sumiarso menegaskan, sebagai prajurit harus ingat jati diri salah satunya bisa melakukan kegiatan-kegiatan kemiliteran seperti ketahanan mars (Hanmars) yang tujuannya untuk memelihara stamina fisik agar tetap prima guna mendukung kesiapan prajurit dan PNS/ASN dalam melaksanakan tugas pokok satuan.

“Hanmars ini merupakan program dalam minggu militer. Mengingat dengan dikutsertakannya PNS/ASN dalam Hanmars ini, maka jarak tempuh tidak jauh, hanya 6,5 kilometer.  Lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat dan hati-hati selama dalam perjalanan serta perhatikan faktor keamanan,” tegasnya.

Di akhir penekannya Kapten Inf Sumiarso, kembali mengingatkan, bahwa tahapan kampanye Pemilu 2019 sudah dimulai sejak tanggal 23 September lalu, untuk itu jaga netralitas TNI.

Berikutnya Pasiops Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Suminto dan Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Kasim menjelaskan route perjalanan yang ditempuh dengan jarak ± 6,5 kilometer, melalui rute Start Lapangan Desa Pulorejo – Jalan Raya Desa Pulorejo – Jalan Raya Dusun Sido Becik – Jalan Dusun Klanting – Jalan Dusun Ngarus – Jalan Raya Desa Banyulegi – Finish kembali di Lapangan Desa Pulorejo.

Sebelum peserta diberangkatkan, terlebih dahulu dilaksanakan senam peregangan dipimpin Serka Samian dilanjutkan pemberangkatan peserta Hanmars oleh Pasiops Kodim 0815 Kapten Arh Suminto yang dibagi dalam susunan peleton-peleton.

Setelah seluruh peserta Hanmars memasuki Finish di Lapangan Desa Pulorejo, dilakukan senam pelemasan dilanjutkan evaluasi oleh Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos.

Kasdim mengatakan, selain melatih kemampuan dan kesiapan fisik, kegiatan Hanmars kali ini yang mengambil lokasi di wilayah Koramil 0815/08 Dawarblandong yang melibatkan anggota seluruh Koramil di lingkup Kodim 0815, dimaksudkan agar para anggota dari Koramil lain juga mengetahui kondisi geografi dan kondisi sosial wilayah Dawarblandong.

“Pada minggu militer yang akan datang, lokasi Hanmars akan bergeser ke wilayah Koramil lainnya yang belum pernah dan selanjutnya akan berputar sampai seluruh Koramil merasakan menjadi tuan rumah kegiatan ini. Anggap saja ini refreshing sekaligus sarana komunikasi sosial kita untuk lebih dekat dengan masyarakat,” pungkasnya.

Usai evaluasi, para peserta Hanmars menuju Makoramil 0815/08 Dawarblandong untuk melaksanakan ramah tamah dan hiburan, selanjutnya kembali menuju Makoramil masing-masing guna menyesuaikan kegiatan berikutnya.

Pada kegiatan Hanmars kali ini juga dihadiri Kapolsek Dawarblandong, AKP Supriyadi, SH beserta anggota yang turut mendukung pengamanan rute dan Kepala UPT Puskesmas Dawarblandong Ninik Muntamah, STr. Keb beserta anggota yang turut mendukung Pelayanan Kesehatan,  seperti pemeriksaan tensi sebelum berangkat, pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol serta konsultasi kesehatan lainnya yang dilayani oleh dokter Puskesmas Dawarblandong. Disamping dukungan tersebut di atas, juga  satu unit Mobil Kesehatan Puskesmas turut mengikuti kegiatan Hanmars. (Penrem 082 / CPYJ ).

Related For Latih Kemampuan Fisik, Kodim 0815 Mojokerto Gelar Ketahanan Mars Di Minggu Militer