Kunjungan Tim Sergap Sterad Di Jombang

1 (3)(1)JOMBANG. Kolonel Czi I Wayan Aditya selaku Ketua Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) Markas Besar TNI AD (Mabesad) meninjau wilayah Kodim 0814 Jombang. Kehadiran Tim Sergap disambut Pasiter Kodim 0814 Jombang Kapten Inf Nasrullah di Makodim 0814 JL. KH. Wahid Hasyim, No. 28, Sawahan, Jombang, Jawa Timur, Selasa 6 nopember 2018.

Pada kesempatan tersebut, Tim Sergap Mabesad melaksanakan rapat koordinasi dan tatap muka di Ruang Data Makodim 0814, yang dihadiri Bapak Adi SP (Dinas Pertanian Kab Jombang), Bapak Nusantara W (Badan Ketahanan Pangan Kab Jombang), Bapak Andrias ( Badan Sumberdaya Air Kab Jombang), Bapak Ari Apriansah  (Wakil Kepala Bulog Sub Divre Surabaya selatan), Perwakilan Poktan  Kab Jombang, Pasi wanwil Ster Korem 082/CPYJ Mayor Arh Putu Ardana, Para Bati Tuud Koramil Jaran Kodim 0814, serta perwakilan Gapoktan/Poktan.

Pada saat Rakor, Tim Sergap Mabesad menerima paparan kegiatan Sergap di wilayah Jombang yang disampaikan Pasiterdim 0814 Kapten inf Nasrullah, diantaranya terkait kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Sergap, yaitu masa panen antar wilayah yang tidak bersamaan, mengakibatkan serapan gabah/beras saat panen raya tidak maksimal, Keterbatasan lantai jemur dan mesin penggilingan yang dimiliki Bulog sehingga gabah kering panen (GKP) petani tidak seluruhnya dibeli, kemarau yang berkepanjangan sehingga pasokan air berkurang dan mengakibatkan hasil panen kurang maksimal dan sebagian petani beralih varietas tanam dari tanaman padi ke varietas lain seperti jagung, kedelai dan kacang hijau.

Pada kesempatan Rakor dan tatap muka yang dilanjutkan tanya jawab dengan perwakilan Poktan/Gapoktan, Kolonel Czi I Wayan Aditya menegaskan, kegiatan Sergap di wilayah Jombang ini dilaksanakan guna mengetahui pelaksanaan Sergap serta kendala yang dihadapi di lapangan, sebagai bahan masukan sekaligus evaluasi program upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan swasembada pangan, sehingga dapat dimaksimalkan di masa mendatang.

“ Tentunya, kita akan fasilitasi terkait permasalahan pertanian yang ada di wilayah Jombang sesuai hasil tanya jawab dengan perwakilan Poktan/Gapoktan, di antaranya terkait irigasi, pupuk, Alsintan dan pembelian gabah oleh Bulog,” tandasnya. (Penrem 082/CPYJ).

 

 

Related For Kunjungan Tim Sergap Sterad Di Jombang