Koramil 0815/08 Dawarblandong Gelar Diklat Saka Wira Kartika

 DIKLAT SAKA RMIL DAWAR (10)
MOJOKERTO.   Danramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto yang diwakili Bati Komsos Pelda Sampuri menutup pendidikan dan latihan Saka Wira Kartika (SWK) di Makoramil 0815/08 Dawarblandong Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Minggu (3/12/2017) petang.
 
Sejumlah 57 orang siswa-siswi SLTA terdiri dari 27 putra dan 30 putri, yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Ranting Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto mengikuti kegiatan Diklat yang berlangsung selama 2 hari mulai Sabtu (2/12) hingga Minggu (3/12).
 
Kegiatan Diklat Angkatan Ke-3 tersebut dibuka oleh Pamong Saka Wira Kartika Pelda Sampuri, Sabtu (2/12) siang.  Diklat Saka Wira Kartika yang digelar Koramil 0815/08 Dawarblandong merupakan salah satu upaya pembinaan pendidikan bela negara dalam membentuk kader generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa guna menjaga Keutuhan NKRI, ucap Pamong Pelda Sampuri saat upacara pembukaan.
 
Selama kegiatan latihan, ikuti petunjuk pamong dan pembina, jaga sikap, disiplin, pelihara hubungan kelompok dan semangat kebersamaan, utamakan faktor keamanan dan jaga nama baik Saka Wira Kartika, tegasnya.
 
Usai upacara pembukaan, selanjutnya anggota Saka Wira Kartika melaksanakan lintas medan dengan rute Desa Pulorejo – Desa Pucuk – finish di Balai Desa Bangeran.   Malam harinya diisi dengan Nobar Film TNI dengan judul Rajawali di Balai Desa Bangeran bersama anak-anak remaja sekitar.
 
Kemudian pada Minggu (03/12) mulai pukul 07.00 WIB melaksanakan lintas medan start di Balai Desa Bangeran dengan route melintasi areal persawahan dan hutan di wilayah Desa Jatirowo – Desa Pulorejo, dengan melewati 4 pos.   Di setiap Pos, para siswa-siswi anggota Saka Wira Kartika melaksanakan materi Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, Krida Penanggulangan Bencana Alam dan Krida Survival.
 
Sebelum memasuki finish para siswa-siswi juga menjalani tradisi menempuh Badge Saka Wira Kartika di Waduk Pulorejo, kemudian menuju finish di Makoramil 0815/08 Dawarblandong dilanjutkan dengan upacara penutupan dan penyematan Badge Saka Wira Karika.
Personel Koramil 0815/08 Dawarblandong yang dilibatkan dalam Diklat Saka Wira Kartika, antara lain Serma Mochammad Dawam, Serka Suwono, Serda Sunari, Serda Supri, Serda Udin Mohammad Muslim, Serda M. Shokip dan Kopda Yusuf. 

Untuk diketahui, Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat sebagai patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI. (Penrem 082/CPYJ)

Related For Koramil 0815/08 Dawarblandong Gelar Diklat Saka Wira Kartika