Koramil 0814/14 Ngoro Rawat Pohon Mahoni

 2
Jombang. Pemanasan global kini bukan lagi isu lingkungan, melainkan fakta nyata masalah lingkungan yang  sedang terjadi. Pemanasan global menyebabkan siklus pergantian musim  menjadi sulit diprediksi. Fakta nyata dari pemanasan global ini ditandai dengan musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dan curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir.
Aksi nyata yang dapat mencegah memburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global adalah dengan memelihara dan menjaga lingkungan alam saat ini. Aksi nyata yang dapat dilakukan adalah penghijauan lingkungan, seperti yang dilakukan Kodim 0814 Jombang pada minggu minggu yang lalu di kanan kiri sepanjang jalan raya provinsi di Ds. Rejoagung Kec. Ngoro.
Pohon yang di tanam adalah pohon Mahoni karena mahoni berdaun besar adalah dari jenis Meliaceae yang tergolong jenis tegakan bayang mempunyai corak kayu yang indah serta mudah mengerjakannya pada waktu muda sangat cepat tumbuhnya terutama akar tunggangnya sehingga memerlukan tanah agak dalam dan guna mempercepat pertumbuhan di butuhkan pemeliharaan yang baik, gulma dan semak belukar yang menghambat pertumbuhan tanaman tersebut perlu dibersihkan.
Kapten Arh Ngatimin selaku Danramil 0814/14 Ngoro mengatakan, Beberapa kegiatan pemeliharaan pada vase awal ini yaitu kegiatan penyulaman, penyiangan tanaman atau pengendalian gulma dan pemupukan penyiangan dilakukan untuk menghindari kemungkinan gulma sebagai sumber tempat berkembangnya jenis jenis hama dan penyakit tanaman pokok, Akibat dari kurangnya penyiangan tanaman atau pengendalian gulma, tanaman mahoni harus bersaing cahaya dengan gulma sehingga mengganggu proses fotosintesis tanaman mahoni yang sangat diperlukan tanaman untuk memperoleh karbohidrat, ungkap Danramil pada kamis 4 Januari 2014.
Kegiatan pembersihan dilakukan personil Koramil 0814/14 Ngoro secara berkala guna pohon dapat hidup yang natinya bisa menjadi penghijauan jalan serta dapat mengurangi polusi udara  serta Mempertahankan zona hijau yang nantinya akan memperbaiki kualitas lingkungan dan kehidupan mahluk hidup.(Penrem 082/CPYJ)

Related For Koramil 0814/14 Ngoro Rawat Pohon Mahoni