Koramil 0814/10 Mojoagung Latihan Perahu LCR

4

Jombang. Guna mengantisipasi datangnya bencana dan penyiapkan personel yang mumpuni dalam pengoperasian perahu sekoci dan perahu karet atau LCR, sebanyak 63 orang yang trdiri dari anggota Koramil 0814/10 Mojoagung Kodim 0814 Jombang, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, Petugas Satpol PP Kec Mojoagung serta Relawan KSB ( Kampung Siaga Bencana ) mengikuti latihan pengoperasian perahu dan tehnik pengoperasian mesin tempel di Sungai Catak Banteng Dsn Pekunden Ds Kademangan Kec Mojoagung pada kamis 11 Januari 2018..

Latihan pengoperasian perahu ini dipimpin langsung oleh Danramil 0814/10 Mojoagung Kapten Chb Sugeng. Dalam latihan ini 3 Pilar Kecamatan Mojoagung menggandeng BPBD Kabupaten Jombang sebagai instruktur pemateri dan selaku Instansi Pemerintah yang membidangi dalam penanggulangan bencana daerah.

Adapun materi yang diberikan kepada para peserta latihan terdiri dari teori spesifikasi engine kapal dan praktek pengoperasian di medan sebenarnya. Dalam aplikasi di medan sebenarnya, para peserta latihan dituntut untuk mampu memasang dan mengoperasikan mesin perahu.

Dalam kesempatan terpisah, Danramil 0814/10 Mojoagung Kapten Chb Sugeng mengatakan bahwa Koramil 0814/10 Mojoagung Kodim 0814 Jombang selalu siap jika dimintai bantuan untuk kegiatan tanggap darurat penanggulangan bencana alam. Melalui Babinsa di tiap wilayah pedesaan, akan terus memantau setiap perkembangan yang terjadi terutama di wilayah yang memiliki kerawanan tinggi terhadap bencana alam.

“ Dengan melakukan latihan dan menyiapkan personel maupun meteriil ini secara tidak langsung ikut membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir di wilayah Kabupaten Jombang”, ujar Danramil.

Kita melakukan latihan meliputi penyelamatan korban tenggelam serta diberikan pengenalan untuk menggunakan alat-alat yang digunakan untuk evakuasi. Yakni mulai dari pemakaian perahu karet, peruntukan dan juga kelemahannya.,” lanjutnya. (Penrem 082/CPYJ)

Related For Koramil 0814/10 Mojoagung Latihan Perahu LCR