Koramil 0814/07 Kabuh Padamkan Kebakaran Hutan

 1 (5)

JOMBANG.   Sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau bulan ini. Beberapa daerah perlu diwaspadai terjadi kebakaran hutan dan lahan. Musim kemarau perlu menjadi perhatian serius masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap kebakaran. Pasalnya, beberapa jam yang lalu lalu terjadi musibah kebakaran di wilayah PTN 11 BKPH Tapen KPH Mojojerto Dusun  Klubuk Desa Sukodadi Kecamatan Kabuh, Kab Jombang, minggu 19 agustus 2018.

Informasi yang diperoleh dari Personil Koramil 0814/07 Kabuh Kodim 0814 Jombang menyebutkan, kobaran api bermula sekitar pukul 10.00 WIB. Kebakaran sebelum makin membesar dapat dipadamkan sekitar pukul 10.40 WIB. Kebakaran lahan ini diduga berasal dari seseorang membuang putung rokok sembarangan karena area hutan terletak di pinggir jalan raya Jombang-Babat.

Menurut Sertu Fatchur Rozi, tiupan angin kencang dan kondisi semak belukar kering serta daun-daun jati yang berguguran yang ada di lokasi kebakaran membuat api dengan mudah terbakar, ada warga melintas yang melihat kobaran api kemudian melaporkan ke Koramil, selanjutnya kita hubungi pihak Polsek Kabuh untuk segera melalukan pemadaman, kita bersyukur api masih bisa dikendalikan atau dipadamkan tidak sampai satu jam, ujar personil Babinsa Koramil 0814/07 Kabuh.

Beruntung tindakan sigap dilakukan oleh personil gabungan dari Koramil, Polsek dan Perhutani dibantu dengan masyarakat sekitar, sehingga api tidak dapat meluas. Upaya pemadaman dilakukan peralatan seadanya. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang diduga disebabkan oleh puntung rokok. Luasan lahan yang terbakar dan kerugian akibat kebakaran tersebut  kurang lebih 500 m lahan jati terbakar petugas gabungan dapat mengendalikan api sebelum meluas. (Penrem 082/CPYJ )

Related For Koramil 0814/07 Kabuh Padamkan Kebakaran Hutan