Koramil 0814/02 Diwek Panen Bersama Poktan Buntel

1 (3)

JOMBANG. Sudah menjadi sebagian tradisi para petani dan masyarakat Indonesia menggelar acara selamatan/kenduri sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan Rezeki dan Rahmad yang diterima. Seperti yang dilaksanakan masyarakat Dusun Buntel Desa Keras Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang yang menggelar acara kenduri setiap mau panen dan akan memulai turun kesawah untuk menggarap kembali sawahnya dengan menggelar Kenduri/syukuran dengan melakukan masak dan makan bersama yang dilaksanakan di persawahan, selasa 10 Juli 2018.

Seperti yang dilakukan Koramil 0814/02 Diwek Kodim 0814 Jombang bersama masyarakat dalam acara kenduri panen padi yang diselenggrakan sebagai wujud syukur dan memohon kepada Allah SWT agar diberikan keberhasilan serta dijauhkan dari segala penyakit dan musibah yang akan menimpa tanaman pertanian mereka.

Selain Personil Koramil dan PPL, tampak pula Pihak Bulog UPGB Tunggorono-2 Jombang, Ketua Poktan bersama pemilik lahan turut serta di lokasi serta tak ketinggalan Muspika Kecamatan Diwek. Di lahan milik H. Imam  mukti seluas tiga hektar yang ditanami jenis padi varietas Ciherang ini, panen padi mampu menghasilkan gabah Produksi seberat = 16.8 ton, Produktivitas = 5,6 ton/Ha).

Dalam kesempatan itu Danramil 0814/02 Diwek Kapten Inf Suparman, menuturkan Babinsa akan terus bersinergi bersama PPL untuk proaktif melaksanakan pendampingan terhadap petani dan Poktan.

“ Pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini tidak hanya saat pengolahan lahan, perawatan saja namun saat panen tiba juga dilakukan guna membantu kelancaran proses produksi padi demi ketersediaan pangan di wilayah sehingga ketahanan dan swasembada pangan tercapai sesuai yang ditargetkan pemerintah,” tegasnya.

Apalagi acara kenduri sebelum panen dengan makan bersama masyarakat sangat bermanfaat sebagai momen pembinaan teritorial sekaligus silaturahmi dan pendekatan sehingga terjalin komunikasi sosial yang baik antara TNI dan rakyat khususnya di desa binaan dalam mamantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI ( alvaro ). (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Koramil 0814/02 Diwek Panen Bersama Poktan Buntel