Koramil 0811/19 Montong Bantu Penebangan Pohon Keramat

4(1)
TUBAN. Koramil 0811/19 Montong bersama Perhutani dan warga masyarakat desa Nguluhan Kecamatan Montong, kabupaten Tuban, pada Minggu (24/9/2017) pagi melakukan kegiatan menebang pohon Kepoh yang dianggap keramat.
 
Alasan penebangan pohon Kepoh yang oleh sebagian warga dianggap keramat dan bisa mendatangkan keberkahan ini lantaran letaknya yang dipinggir jalan sehingga membahayakan pengguna jalan. 
 
“Penebangan pohon dilatarbelakangi karena dirasa membahayakan warga yang melewati jalan tersebut, karena sebentar lagi musim penghujan untuk mengantisipasi terjangan angin, yang dikhawatirkan bisa roboh,” ungkap Batituud Koramil 0811/19 Montong,Pelda Paimo disela-sela penebangan pohon.
 
Menurut,Pelda Paimo, pohon Kepoh yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 100 tahun itu juga di pakai sebagai tempat sesaji atau pepunden, sehingga saat akan dilakukan penebangan terjadi perdebatan oleh sejumlah warga.
 
Sebelum penebangan, warga melakukan selamatan untuk memohon kepada Allah, di lokasi yang tak jauh dari lokasi pohon Kepoh.
 
Sejumlah warga sekitar juga datang untuk menyaksikan penebangan pohon yang selama ini dianggap sebagian warga bisa memberikan keberkahan dan ada penunggunya (jin).
 
Penebangan dilakukan oleh personel Perhutani dibantu anggota Koramil Montong dengan gergaji mesin dan alat potong kayu. Selain itu, sejumlah warga juga turut membantu kegiatan tersebut.
 (Penrem 082/CPYJ )

Related For Koramil 0811/19 Montong Bantu Penebangan Pohon Keramat