Koramil 0811/08Widang Dukung Pemberian Vaksin Imunisasi Campak Dan Rubela

1 (2) 2 (1)
TUBAN. Guna mengatasi Measles Rubella (MR) atau Campak dan Rubella, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memasukkan vaksin MR dalam program imunisasi nasional. Pemberian vaksin ini dijadwalkan dimulai pada Agustus hingga September untuk Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa pada tahun selanjutnya.
 
Dasar ini pula yang menggerakkan Tim kesehatan Yang ada di kecamatan Widang untuk pelaksanaan imunisasi. Imunisasi MR diperuntukkan bagi anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Pelaksanaan Imunisasi ini dilakukan di posyandu, puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya untuk bayi dan anak yang belum bersekolah serta anak usia sekolah, namun tidak bersekolah.
 
“Imunisasi MR akan ditambahkan ke Campak, tidak menambah suntikan baru. Sasarannya anak dari usia 9 bulan hingga 15 tahun atau setara dengan kelas 3 SMP karena 89% kasus rubella terjadi pada anak dibawah 15 tahun,” kata dr.Sintha selaku dokter yang bertugas sebagai Kepala Puskesmas diwilayah kecamatan Widang, Senin (11/9/2017).
 
Puskesmas Widang menargetkan imunisasi MR mencakup 16 Desa yg ada dikecamatan Widang dengan tahap waktu yang berbeda sesuai jadwal yang direncanakan.Selain itu pemberian imunisasi ini menargetkan lebih dari 95% dari jumlah sasaran imunisasi 2017 Bayi dan anak yang ada diwilayah kecamatan Widang.
 
Seperti diketahui, campak dan rubella merupakan infeksi menular melalui saluran bernapasan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan hingga kematian.
 
“Tujuan imunisasi MR untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap campak Rubella, cepat memutuskan transmisi campak Rubella, menurunkan angka kesakitan dan kejadian. Kita targetkan Indonesia bisa bebas rubella dan skala kecil nya kita laksanakan Secara bertahap melalui tingkatan Desa.
 
Sementara itu, Danramil 0811/Widang, Kapten Arh Sutomo mengaku, pihaknya memerintahkan kepada seluruh Babinsanya agar terus partisipasi dan ikut serta mendukung kelancaran kegiatan ini.
 
“Saya berharap, dengan imunisasi ini tidak ada lagi anak dan bayi yang dilaporkan meninggal ataupun terkena Campak karena Virus MR,” ucap Sutomo. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Koramil 0811/08Widang Dukung Pemberian Vaksin Imunisasi Campak Dan Rubela