Koramil 0811/06 Plumpang Kawal Pendistribusian Benih Kedelai

 4

Tuban- Kelompok Tani di kecamatan Plumpang mendapat bantuan benih kedelai dari Dinas Pertanian Kabupaten Tuban. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mendukung progam swasembada pangan, khususnya kedelai. 

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura (DTPPH) Kecamatan Plumpang, Faturrahman didampingi petugas dari UPT DTPPH, menyebutkan, daerah tersebut potensial untuk budidaya tanaman kedelai. 

Berdasarkan data, luasan lahan potensial untuk ditanami kedelai di wilayah kecamatan Plumpang yang tidak memiliki areal sawah irigasi. 

“Sebelumnya pembagian benih padi varietas Ciherang juga dilakukan secara bertahap untuk kelompok tani dengan prioritas yang berada di wilayah daerah irigasi. Bantuan benih jagung dan kedelai Kementerian Pertanian juga terus dilakukan pendistribusian secara bertahap,” terangnya saat memberikan bantuan benih kedelai kepada Pokja Dsn.Suruan Desa Kesamben Kecamatan Plumpang, Kamis (15/03). 

Sementara Babinsa Kesamben Koramil 0811/06 Plumpang Serma Lantip Pratomo mengatakan, dirinya mendampingi dinas pertanian kecamatan Plumpang melakukan pemetaan dan pendataan petani penerima bantuan bibit agar pemerataan pendistribusian bibit benar-benar tepat sasaran. 

“Kita berikan informasi kepada dinas pertanian tentang data desa mana yang cocok untuk pengembangan kedelai kemudian kita lakukan survei lokasi desa tersebut,” tandasnya. 

Diketahui bahwa, bantuan benih kedelai yang diberikan kepada kelompok tani per ha 50 kg, 8 liter pupuk cair dan 5 sacet biobus/ha. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Koramil 0811/06 Plumpang Kawal Pendistribusian Benih Kedelai